314 Siswa Ikut Seleksi Paskibra

Peserta seleksi Paskibra sedang menunjukan kecakapannya dalam baris berbaris didepan tim penguji.
Peserta seleksi Paskibra sedang menunjukan kecakapannya dalam baris berbaris didepan tim penguji.

BREBES kualitasnews.com,- Seleksi Pasukan Pengibar Bendera dalam Upacara Hari Ulang Tahu Republik Indonesia (HUT-RI) diikuti sekitar ratusan siswa dari berbagai sekolah tingkat menengah dan kejuruan yang ada di Kabupaten Brebes.

Ketua Panitia Seleksi Paskibra Brebes Ir Amin Budi Raharjo MPi melaui Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga H Wika Agustyono SH disela seleksi di Stadion Karangbirahi Brebes (6/5/14) mengatakan, minat untuk menjadi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di Kabupaten Brebes meningkat. Di tahun sebelumnya peserta seleksi Paskibra berjumlah sekitar 266 anak, sekarang di tahun 2014 meningkat menjadi 314 anak.

“Ini merupakan bukti bahwa rasa nasionalisme di kalangan siswa makin tinggi dan disamping itu juga menjadi anggota Paskibra bagi para siswa adalah kebanggaan tersendiri dan merupakan prestise bagi mereka” kata Wika.

Dari 314 siswa, lanjutnya akan di jaring menjadi 71 siswa dan akhirnya hanya dipilih 34 siswa saja yang nantinya menjadi Paskibra Kabupaten Brebes pada upacara 17 Agustus 2014 mendatang.

Selain itu, akan di ajukan juga 1 orang putra dan 1 orang putri untuk mengikuti seleksi paskibra di tingkat provinsi Jateng pada 3-4 Juni mendatang. “Mudah-mudahan duta Brebes bisa lolos seleksi sehingga bisa menjadi Paskibra di Provinsi,” harap Wika.

Seleksi dilakukan secara ketat, antara lain dengan melibatkan tim seleksi dari Kodim 0713/ Brebes (Kapten Inf Solikhudin, Serka Ujang Taiyo SH dan Serda Torikin), Polres Brebes (Ipda Suroto), Dinas Kesehatan, dan Disporabud Brebes. .

Materi seleksi antara lain Kesehatan, PBB, Postur tubuh dan penampilan, tes fisik, wawancara pengetahuan umum, kesenian dan keahlian dalam berbahasa inggris.

Seleksi digelar selama dua hari 5-6 Mei untuk mendapatkan 34 pasukan inti paskibra yang akan bertugas sebagai pembawa Bendera, pengibar bendera, pasukan 8 dan pasukan 17. “Sebelum bertugas, mereka bakal dikarantina di Islamic Center Brebes guna menjalani latihan rutin tanggal 3-16 Agustus mendatang,” pungkasnya. (ws/KN)

Beri Komentar