Bantuan RKB SD Negeri 04 Dukuhtengah Patut Dipertanyakan

Papan nama proyek Danan Alokasi Khusus (DAK) SD Negeri Duktengah 04 Ketanggungan Brebes
Papan nama proyek Danan Alokasi Khusus (DAK) SD Negeri Duktengah 04 Ketanggungan Brebes
Papan nama proyek Danan Alokasi Khusus (DAK) SD Negeri Duktengah 04 Ketanggungan Brebes

Brebes kualitasnews,- Akhir tahun 2015 ini SD Negeri 04 Dukuh Tengah, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK). Sekolahan yang berada di Pedukuhan Gintung ini mendapat bantuan tambahan ruang kelas baru (RKB) dengan nilai Rp.125.000.000,-

Namun dari pantauan dilapangan banyak ditemukan kejanggalan seperti adanya dugaan pekerjaan tersebut diborongkan, karena pekerja yang ada sebagian besar bukan orang setempat, padahal dalam aturannya adalah swakelola.

“ Saya bukan orang sini pak, Saya orang Tegalreja (banjarharjo) dan bosnya Pak Warto Keradenan (Kersana).” Ujar salah satu pekerja.

Selain itu adanya penggunaan sebagian material yang tidak sesuai dengan spesifikasi seperti kayu yang digunakan, Kayu yang dipakai adalah kayu campuran. Dan sesuai dengan RAB RKB yang seharusnya dibangun dengan empat sisi namun di SD Negeri 04 Dukuh tengah salah satu sisinya menempel dengan ruang kelas lain.

Ketika dikonfirmasi terkait hal tersebut, Samhudi,S.Pd.SD mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar, dan membantah semuanya itu. Menurut Samhudi kalau pekerjaan RKB tersebut diborongkan tidak mungkin Dirinya selalu mengawasi pekerjaan tersebut dan datang ke sekolahan.

“ Kalau diborongkan tidak mungkin saya stand by terus di sekolahan, mendingan liburan sama keluarga.” Bantah Samhudi.

Sedangkan terkait banyaknya pekerja yang bukan orang setempat dikarenakan tenaga kerja setempat tidak ada yang menganggur sehingga atas dasar kesepakatan dengan komite menggunakan tenaga kerja luar daerah.

Samhudi juga mengatakan untuk kayu yang dipakai sesuai dengan spesifikasi yaitu dengan memakai kayu dengan kualitas bagus seperti kayu jati. Sementara untuk pembangunan RKB yang salah satu sisinya menempel dengan kelas sebelahnya itu dikarenakan sempitnya lahan yang digunakan dan hal itu sudah di sampaikan sama konsultan dan diperbolehkan oleh dinas terkait.

Sementara saat akan konfirmasi dengan UPTD Pendidikan Kecamatan Ketanggungan terkait masalah ini, Kepala UPTD sedang tidak berada dikantor dan dihubungi lewat telepon pun,Hp nya tidak aktif. (Rif )