Bersihkan Sungai Si Geleng, Narjo Keblosok Lumpur

Wakil Bupati Brebes Narjo,SH penuh semnagat bersihkan sungai Si Geleng (6/5/2015)
Wakil Bupati Brebes Narjo,SH penuh semangat bersihkan sungai Si Geleng (5/6/2015)

Brebes Kualitasnews,- Wakil Bupati Brebes Narjo,SH dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, bersama jajaran Forkopimda Brebes, Kepala SKPD, anggota TNI/Polri, karyawan PNS dan relawan adakan gerakan peduli lingkungan dengan membersihkan aliran sungai Sigeleng di Kelurahan Limbangan, Kecamatan Brebes, Jumat (5/6).

Tanpa sungkan, Wabup Narjo langsung memakai alat pemotong rumput di tepian sungai dan membersihkan eceng gondok dan kangkung yang menutupi aliran sungai. Saking semangatnya, Wabup Narjo sampai keblosok lumpur.

Tanpa dikomando, peserta upacara langsung merangsek ke tepian sungai dan membersihkannya.

Menurut Wabup Narjo, persoalan lingkungan tidak dapat dilihat sebagai sesuatu yang berdiri sendiri, namun sangat terkait oleh perilaku manusia terutama dalam memenuhi kebutuhannya. Dan dalam upaya pengelolaan lingkungan ini, peranan pemerintah, swasta dan masyarakat merupakan hal yang mutlak. “Peran masyarakat penting untuk melakukan upaya-upaya nyata, antara lain melalui perilaku disiplin bersih lingkungan, yaitu dengan tidak membuang limbah dan sampah secara sembarangan” kata Narjo.

 

Pemerintah Kabupaten Brebes dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, melalui Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Brebes akan kembali melaksanakan rangkaian kegiatan sebagai bagian dari momentum peringatan hari lingkungan hidup tahun 2015. Diantaranya yang pertama, peluncuran program rintisan kampung organik yang berlokasi di Desa Kaligangsa Kulon. Program Kampung Organik ini, dilaksanakan dengan cara pemberian stimulan kepada masyarakat berupa pupuk, media tanam maupun bibit sayur mayur. Program ini dimaksudkan agar masyarakat membudayakan bercocok tanam sayur mayur untuk ketahanan dan kesehatan keluarga.

Selain itu adalah gerakan aksi bersih-bersih Sungai Sigeleng. gerakan aksi ini, dimaksudkan untuk meningkatkan kepedulian bersama untuk menjaga sungai dari sampah dan gulma. Selanjutnya pemberian penghargaan kepada elemen masyarakat umum peduli lingkungan.  dan yang terakhir adalah pemberian  stimulan bibit tanaman buah-buahan dan peralatan kebersihan untuk 5 kelurahan dan 2 desa pada lokasi titik pantau adipura, yaitu Kelurahan Brebes, Limbangan Wetan, Limbangan Kulon, Pasarbatang, Gandasuli, Desa Kaligansa Kulon dan Desa Kaligangsa Wetan
Pemberian bibit tanaman buah-buahan diharapkan untuk dapat ditanam di jalan-jalan maupun lokasi publik lainnya untuk menambah kerindangan dan penghijauan di lokasi titik pantau adipura.

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar