BPN, Sengketa Pertanahan Tidak ada yang Sulit

Ilustrasi
Ilustrasi

Tegal Kualitasnews,- Kasus persengketaan tanah sebenarnya tidaklah sulit apabila semua data pendukung/ pelengkap dalam pengajuan persengketaan tanah oleh masyarakat sudah dilengkapi. Demikian dikatakan Kepala Seksi Persengketaan Pertanahan Badan Pertanahan Nasionl Kota Tegal Edy Waluyo saat didtemui beberapa waktu lalu di kantornya.

Edy  menjelaskan bahwa permasalahan sengketa tanah Peran BPN adalah sebagai fasilisasi dan Mediasi saja. Dalam teknis penyelesaian permasalahan tanah dilihat dari bentuk Produknya ada secara non hukum, yaitu merupakan kajian dari BPN Dan Produk hukum yang masuk ke ranah Peradilan.

Menurut Edy di tahun 2014 ada sekitar 8 kasus persengketaan tanah yang masukdi BPN Kota Tegal 5 diantaranya sudah trselesaikan baik melalui mediasi BPN ataupun  di Pengadilan.

“ BPN mempunyai peran sebagai fasilitator dan mediasi dalam persengketaan tanah yang ada di masyarakat agar bisa terselesaikan untuk ittu BPN harus lebih profesional, dan cerdas serta bisa melihat dan menimbang segala , aspek terkait sengketa pertanahan serta bagaimana menyelesaikan kasus kasus konflik agraria yang muncul  “ terang Edy. ( Dony )