Brebes Rangking II Penderita Kusta Se-Jateng

Contoh kaki yang terkena penyakit kusta. Penyakit kusta paling banyak menyerang tangan, kaki, dan hidung
Contoh kaki yang terkena penyakit kusta.

BREBES kualitasnews.com,- Dari data Dinas Kesehatan tahun 2013 menyebutkan ada sekitar 301 penderita kusta yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Brebes. Dengan angka kasus kusta  sebanyak itu telah menempatkan Kabupaten Brebes menduduki  rangking ke II penderita penyakit Kusta se- Jawa tengah, adapun untuk rangking I di tempati pekalongan dan rangking III ditempati kabupaten Tegal.

 

Menurut Devi ayu susilowati mahasiswa tingkat akhir ilmu kesehatan  masyarakat yang melakukan penelitian tentang kusta di Brebes, dari penelitian yang dilakukan di 4 puskesmas yaitu Jatibarang, Sitanggal, Jatirokeh dan Wanasari, paling banyak kasus penderita Kusta ada di wilayah Jatirokeh, “ Kusta secara medis bisa disembuhkan, tapi butuh kesabaran dalam pengobatan kusta” ujar Devi. 

 

Masih kata Devi, Kusta adalah penyakit menular, menahun yang disebabkan oleh kuman kusta (mycrobacterium leprae) yang menyerang kulit, saraf dan jaringan tubuh lainnya. Menurut devi kusta paling banyak menyerang tangan, kaki, dan hidung, tapi bisa juga menyerang mata relatif sedikit. 

 

“Pencegahan kusta menganjurkan penderita secara intensif diobati. Pengobatan kusta harus rutin datang ke puskesmas karena harus minum obat 6 bulan sampai 1 tahun” terang Devi

 

Terkait masalah kusta, drg. Adhi Supriadi, M.Kes kepala puskesmas wanasari mengatakan “Kusta bisa di sembuhkan secara total, dengan catatan minum obat secara teratur sesuai anjuran tenaga kesehatan, kusta bukan penyakit keturunan dan bukan pula disebabkan oleh kutukan, guna-guna, dosa atau makanan”, kata Adhi.

 

Dari pantauan di lapangan rata-rata pasien penderita penyakit kusta di Brebes tidak mengetahui lebih awal gejala penyakit tersebut, salah satunya adalah Nursiti asiah (32 tahun) Pasien dari klampok yang menderita kusta ini awalnya penyakit kusta yang dideritanya adalah penyakit kulit biasa tapi setelah diperikaskan kepeada dokter ternyata dirinya menderita penyakit kusta.

 

 ” awal saya tidak terasa di kaki kiri mengalami penyakit ini, saya tahunya penyakit kulit, ternyata kusta. Kata dokter saya harus melakukan Pengobatan kisaran minimal 6 bulan dipuskesmas”  kata nursiti.

 

Hal yang sama juga di sampaikan oleh Warta ( 65 tahun),  kata Warta “ awalnya saya tidak tahu penyakit kusta, tahunya penyakit yang saya derita adalah  panu, setelah periksa ke dokter Spesialis Kulit, ternyata saya menderita penyakit kusta. Untuk bisa sembuh sehartusnya say menjalani pengobatan sekitar 6 bulan sampai 1 tahun, tapi karena saya kurang mampu sekarang saya di rawat di puskesmas wanasari hanya 3 bulan saja” ujar Warta. (KN/bu) 

 

 

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar