Cemarkan Ulama Zen Effendi Divonis 7 Bulan Penjara

Sidang Putusan Pelecehan Ulama MUI Brebes dengan Terdakwa Zen Effendi
Sidang Putusan Pelecehan Ulama MUI Brebes dengan Terdakwa Zen Effendi
Sidang Putusan Pelecehan Ulama MUI Kabupaten Brebes dengan Terdakwa Zen Effendi

Brebes kualitasnews,- Zen Efendi Bin Slamet makhrus (47) warga Desa Jatibaranglor, Kecamatan Jatibarang Kabupaten Brebes Jawa Tengah divonis 7 bulan penjara oleh Majlis Hakim dalam sidang dengan agenda pembacaan putusan yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Brebes, Rabu 20 Januari 2016.

Vonis yang jatuhkan hakim terhadap Zen Effendi ini, lebih ringan dua bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), yakni selama 9 bulan penjara terhadap Zen Effendi. Selain divonis kurungan penjara selama 7 bulan, terdakwa juga diwajibkan membayar biaya perkara persidangan Rp 2 ribu.

Menurut Ketua Majelis Hakim, Oki Setiawan SH hal yang mememberatkan Zen Effendi mnurutnya perbuatan Zen Effendi sudah mengarah kepada unsur Suku Agama Ras dan Antar Golongan (SARA), dan menyebabkan keresahan di masyarakat secara meluas.




Sementara, JPU dari kejaksaan Negeri Brebes, Ardiansyah SH, menyatakan pikir-pikir atas putusan tujuh bulan kurungan penjara terhadap terdakwa. “Saya masih pikir-pikir dulu atas putusan Ketua Majelis hakim yang menjatuhkan vonis tujuh bulan kurungan penjara terhadap terdakwa,” singkatnya

Hal senada juga disampaikan oleh Kuasa Hukum Terdakwa yang menyampaikan pikir-pikir atas vonis tujuh bulan penjara terhadap kliennya.

Proses persidangan sendiri dihadiri ratusan santri dari pondok pesantren asuhan KH Said Basalamah asal Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes. Kedatangan para santri untuk mengawal Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Brebes ini, guna menyaksikan secara langsung sidang kasus dugaan pelecehan dan hujatan kepada ulama Brebes yang diduga dilakukan oleh Zen Effendi. (Bedjo)