Cipluk Art Adakan Workshop dan Pameran Batik Alami Dari Tanaman Mangrove

Para Peserta Workshop sedang mempraktekan cara membatik 15/09/2017

Kualitasnews.com,-  Sanggar seni “Cipluk Art” bertempat di Pendopo Hutan Mangroove desa kaliwlingi, Kec. Brebes Kab. Brebes adakan Workshop dan Pameran Batik Alami dari Tanaman Mangrove. Acara yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 14 sampai 16 September 2017 ini bertujuan untuk   mempromosikan dan memajukan potensi masyarakat Desa Kaliwlingi Kec. Brebes, Kab. Brebes yang selama ini dikenal sebagai desa wisata hutan mangrove dan produk- produk kerjajinan yang berasal dari tanaman mangrove.

Ketua Panitia Workshop Akhmad Sobirin,SE. mengatakan, Selama ini banyak potensi- potensi yang bisa digali dari tanaman mangrove salah satunya adalah batik alami yang pewarnanya dari tanaman mangrove.

“Kami dari Sanggar Cipluk Art merasa tergerak untuk bisa memajukan potensi yang ada di desa kaliwlingi, salah satunya batik alami dari tanaman mangrove. Sebagai desa yang terkenal dengan wisata hutan mangrove maka sangat potensial sekali untuk menggalakan kerajinan – kerajinan yang berbahan baku dari tanaman mangrove” ujar Sobirin disela-sela acara kamis 14/09/2017.

Kata Sobirin, dengan adanya workshop dan pameran batik alami diharapkan dapat menggali potensi kerajinan yang dihasilkan dari tanaman mangrove dan kedepan  diharapkan Desa Kaliwlingi bukan hanya dikenal dari sisi wisata hutan mangrovenya saja tapi terkenal juga sebagai desa penghasil kerajinan berbahan dasar mangrove salah satunya adalah batik alami mangrove.

Kegiatan yang berlangsung meriah ini dihadiri beberapa pakar yang ahli dalam bidangnya. Salah satunya dari Kota Tegal Jawa Tengah yang memberikan materi kepada sekitar 100 peserta workshop tentang cara membatik yang professional.

“ Ini adalah program dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk masyarakat Desa kaliwlingi dan sekitarnya yang bertujuan  untuk kemajuan batik di Desa kaliwlingi brebes” ujar Sobirin.

Para peserta sendiri merasa senang dan menyambut baik dengan kegiatan tersebut, Menurut salah satu peserta dengan adanya Workshop tersebut dirinya bisa mendapatkan kepandaian cara membatik dan tentunya bisa menambah penghasilan untuk kehidupan lebih maju dan lebih baik lagi.

“ Saya menganggap acara ini penting sekali untuk memajukan ekonomi warga desa kaliwlingi kecamatan wanasari kabupaten brebes dan desa di sekitarnya dan kami  berharap agar kegiatan workshop dan pameran batik alami ini bukan kali ini saja diadakan tapi bisa diadakan sesering mungkin” ujarnya.

Hadir dalam acara  Workshop tersebut perwakilan bupati brebes Ikbal Staf Ahli Bupati Brebes, Dinas koperasi UMKM dan perdagangan brebes , Dinas Pariwisata dan budaya brebes, Kodim 0713 brebes  dan juga Dinas perikanan Kabupaten brebes. ( Johan )

 

 

Tags # Brebes