Disdukcapil Himbau Korban Pemalsuan Segera Urus Akta Kelahiran Baru

M Slamet Fajari1Brebes (kualitasNews),-Meski baru pertama kali terjadi di Kabupaten Brebes, namun diperkirakan ada sekitar 500 akta palsu yang dimiliki oleh warga. Untuk itu,Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) melalui Kepala Bidang Catatan SipilM. Slamet Fajari SKM, menghimbau kepada warga yang merasa menjadi korban penipuan pemalsuan dokumen akta kelahiran  untuk segera urus akta kelahiran yang baru sesuai dengan prosedur yang ada.

Untuk ¬†menghindari terulangnya kasus serupa, bagi warga yang akan membuat akta lahir bagi anaknya,Slamet menghimbau untuk datang langsung ke Kantor Catatan Sipil “Untuk anak yang masih berusia dibawah 1 tahun, pembuatan akta lahir bisa langsung dilakukan di Kantor Catatan Sipil. Sedangkan bagi anak yang telah berusia lebih dari 1 tahun proses pembuatan harus melalui Pengadilan Negeri,”terang Slamet kamis (10/1) di kantornya.

Slamet sendiri mengakui,bahwa pelaku pemalsuan dokumen akta kelahiran yang tengah diproses hukum di Polres Brebes memang merupakan pangsiunan dari Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Brebes

Informasi adanya praktek pemalsuan menurut Slamet  diketahui setelah yang bersangkutan ditangkap oleh Polres Brebes atas laporan dari warga. Ia menjelaskan, sebelumnya ada salah satu warga yang mengajukan legalisir akta lahir untuk keperluan kerja. Namun saat ditunjukan akta tersebut ternyata palsu. Kemudian oleh yang bersangkutan pemalsuan akta kelahiran tersebut dilaporkan ke Polres Brebes.(KN_1)

Beri Komentar