Pilwalkot Tegal: Sitha- Nursholeh Unggul Sementara

Hasil Real count yang diadakan KPU Kota Tegal pasangan Sitha - Nursholeh berhasil unggul sementara

Hasil Real count yang diadakan KPU Kota Tegal pasangan Sitha - Nursholeh berhasil unggul sementara
Hasil Real count yang diadakan KPU Kota Tegal pasangan Sitha – Nursholeh berhasil unggul sementara

Tegal kualitasnews.com,- Hasil perhitungan suara cepat ( Real Count) pemilihan Walikota Tegal yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tegal, Minggu (28/10) Sore  Pasangan calon Walikota nomor urut 3, Siti Masitha Suparno – HM. Nursholeh sementara berhasil mengungguli pasangan calon Walikota lainnya.

Dari perhitungan sekitar 70 persen suara yang masuk di KPU Kota Tegal pasangan nomor urut 3 Sitha – Nursholeh berhasil mendulang suara sebanyak 35.006 suara atau sekitar 45.23 persen, disusul pasangan incunbent dengan nomor urut 1 Ikmal – Uyip berhasil mendulang suara sebanyak 30.471 suara atau sekitar 39,37 persen, kemudian disusul pasangan nomor urut 2 Jumadi – wahyudi berhasil mendulang suara sebanyak 7.016 atau sekitar 9.07 persen dan yang terahir nomor urut 4, Hendra – Endang berhasil mendulang suara 4.901 suara atau sekitar 6,33 persen.

Dari data sementara yang masuk di KPU pasangan Sitha – Nursholeh berhasil unggul di 3 kecamatan yaitu, kecamatan Tegal barat, Tegal selatan dan Tegal timur. Sementara di Kecamatan Margadana sementara diugguli oleh pasangan Ikmal – Uyip.  

Dalam penutupan Real Count, Ketua KPU Kota Tegal Saifuddin Zuhri,M Sag, mengatakan bahwa sesuai regulasi, KPU tidak bisa mengadakan Real count 100 persen dari suara yang ada. Karena menurutnya hasil perhitungan suara 100 persen sesuai regulasi bisa diumumkan pada tanggal 2 November 2013 nanti sekaligus pelaporan KPU.

“ Perhitungan secara Real Count sengaja saya hentikan pada 70 persen suara yang masuk di KPU karena secara regulasi KPU bisa mengumumkan 100 persen suara yang masuk dari hasil Pemilihan Walikota Tegal yaitu nanti tanggal 2 November 2013. Jadi untuk kelanjutannya KPU akan mengadakan perhitungan secara manual. Perhitungan manual pada tanggal 28 Oktober 2013 akan dilakukan di tingkat PPS atau kelurahan dilanjutkan di tingkat PPK  atau kecamatan pada 30 Oktober 2013, dan penghitungan di KPU pada 3 November 2013 nati” terang Saifuddin.

Untuk jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilwalkot Tegal sendiri sebanyak 196.339 pemilih, dengan jumlah TPS yang tersebar di 4 kecamatan yakni Kecamatan Tegal Timur, Kecamatan Tegal Barat, Kecamatan Tegal Selatan dan Kecamatan Margadana dengan jumlah TPS keseluruhan sebanyak 420 TPS. (Johan/ sindung)