Polres Brebes Musnahkan Sabu- sabu Senilai 1,6 M

Bagikan

Ilustrasi
Ilustrasi

Brebes kualitasnews.com,-  Barang bukti (BB) narkoba jenis sabu-sabu senilai 1,6 M dan   puluhan paket ganja serta ratusan pil dextrometorphan dan pil haram lainnya, dimusnahkan jajaran Polres Brebes, Jawa Tengah, di halaman Mapolres setempat, Jumat 4 Oktober 2013 siang.

Sabu dengan bentuk bongkahan kristal beras seberat 317 gram, dan kristal kecil seberat 515 gram merupakan hasil tangkapan dari tersangka, yakni mahasiswa salah satu Perguruan Tinggi di Kota Bandung, Rido (25) di salah satu rumah makan di jalur pantura Kecamatan Tanjung, Kabupaten Brebes beberapa waktu lalu.

Sementara puluhan paket ganja serta ratusan pil dextrometorphan dan pil haram lainnya yang dimusnahkan, berasal dari hasil pengungkapan dengan 25 tersangka selama satu tahun mulai 2012 hingga 2013.

Pemusnahan sabu senilai Rp 1,6 miliar dilakukan dengan cara direndam di air yang dicampur soda dan dibuang ke saluran pembuangan. Namun, sebelum dimusnahkan, sabu terlebih dulu dilakukan tes laboratorium Polri, dan ternyata hasilnya barang haram tersebut adalah positif sabu-sabu kualitas pertama. Sementara puluhan paket ganja serta ratusan pil dextrometorphan dimusnahkan dengan cara dibakar.

Kapolres Brebes, AKBP Ferdi Sambo mengatakan, tersangka pembawa narkoba jenis sabu senilai Rp 1,6 miliar itu mendapat ancaman hukuman 15 tahun penjara. Dari penuturan tersangka biasa bertransaksi dengan seseorang menggunakan jalur udara.

“Tapi kali ini tersangka menggunakan jalur darat, sehingga bisa kami tangkap atas informasi dari masyarakat,” ujar Sambo usai menggelar pemusnahan barang bukti narkoba.

Untuk mengantisipasi peredaran narkoba, pihaknya akan bekerjasama dengan BNK setempat untuk melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah. “Sejauh ini tidak ada dari kalangan pelajar yang tertangkap basah menggunakan narkoba,” kata Sambo didampingi Ketua BNK Narjo  yang juga Wakil Bupati Brebes.

Pemusnahan barang bukti narkoba ini disaksikan langsung Kapolres Brebes AKBP Ferdy Sambo, Wakil Bupati Brebes yang sekaligus sebagai Ketua BNK, Narjo, perwakilan dari Kejaksaan Negeri, Pengadilan Negeri, Kementrian Agama, Dinas Kesehatan dan LSM.(johan)