Rincian Anggaran Pilkades Desa Penarukan Diduga Tidak Transparan

Ilustrasi

Ilustrasi

Tegal,KualitasNews.com- Rencana Anggaran Biaya(RAB) Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Penarukan kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang diduga tidak tarnsparan menuai keritik dari Masyarakat.

Amin Slamet ketua Panitia Pilkades saat dikonfirmasi hal tersebut di rumahnya(29/03/130 mengatakan bahwa ketidak transparan yang dilakukan oleh panitia Pilkades karena intruksi dari pihak kecamatan” Panitia tidak memebrikan keterbukaan informasi rincian anggaran biaya karena ini adalah intruksi dari kecamatan agar tidak terbuka kepada publik”jelas Slamet

SementaraCamat Adiwerna Moh. Soleh S,Sos. Msi sendiri saat dikonfirmasi oleh beberapa awak media di Kantornya mengelak dengan apa yang dikatan Amin Salet selaku Paniti Pilkades. Menurutnya ia tidak pernah menutup-nutupi mengenai trnsparansi anggaran pada public “itu tidak benar dan nanti akan kami klarifikasi pada ketua panitia”tegas Soleh.

Menanggapi permaslahan tersebut Aktifis LSM R.Anes,ST mengatakan seharusnya terkait rincian anggran Pilkades masyarakat berhak tahu apalagi menurut Anes ada undang-undang keterbukaan informasi public yang mengatur semua itu “ Jika merujuk pada Undang-undang keterbukaan Infomasi Publik (KIP) maka sehrusnya panitia Pilkades harus terbuka karena hal yang seperti itu tidak membahayakan pertahanan dan keamanan Negara atau menghambat penegakan hukum,ini pesta demokrasi desa yang nota bane.nya boleh untuk dibuka pada public” ujar Anes.

Untuk anggaran Pilkades Desa Penarukan sendiri Panitia menganggarakan Rp. 91 Juta Rupiah yang ditanggung oleh dua orang calon. Dan menurut beberapa sumber yang tidak mau disebutkan namanya jumlah tersbut belum termasuk subsidi dari APBD dan Swadaya. (Bejo)