DPKH Brebes Gelar Bintek Petugas Lapang Dan RTM

Bagikan

Brebes,Kualitasnews.com- Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Bekerja) berupa bantuan bagi-bagi ayam gratis oleh Kementerian Pertanian diharapkan bukan sekedar program temporer menjelang tahun politik.

Pasalnya, jika perawatan ayam bagi masyarakat miskin dalam jumlah sekitar 50 ekor tidak di imbangi dengan bimbingan teknis mengenai tata cara pemeliharaannya sebagaimana mengacu pada Undang-undang Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan & Kesehatan Hewan, maka bisa jadi kendala.

Oleh karenanya Pemerintah Kabupaten Brebes melalui Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes menggelar kegiatan Bimbingan Teknis Petugas Lapang Dan Rumah Tangga Miskin (RTM) yang bekerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Jawa Tengah. Rabu, (31/10/2018).

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner DPKH Brebes, drh Jhoni Murahman mengatakan dalam kegiatan tersebut pihak BPTP Balitbangtan menjelaskan terkait teknik budidaya ternak ayam kepada seluruh UPKK, perwakilan RTM, dan pamong desa.

“Mereka diberikan bimbingan teknis berupa ilmu pemerliharaan, bagaimana cara memproduksi, jadwal-jadwal vaksinasi, pakan-pakan dan lain-lain,” kata Jhoni.

Selain itu, dalam bimbingan teknis tersebut juga membahas masalah antisipasi penyakit yang berhubungan dengan lingkungan, dan hasilnya nanti akan disampaikan kepada RTM lainnya supaya menambah pengetahuan.

“Penyakit ternak ini ada hubungannya dengan lingkungan, jadi pemerima bantuan ternak harus bisa menjaga lingkungan agar tidak disukai penyakit,” ujar Jhoni.

Kegiatan Bimbingan teknis tersebut digelar diaula Kantor Kecamatan Wanasari, dengan dihadiri oleh kepala desa sekecamatan Wanasari dan perwakilan RTM. (Dedi.A/KN3/BJ).