HIPSI Gandeng LPPM UNSOED Adakan Pelatihan Budidaya Jamur

1276172389_99032625_1-Gambar--USAHA-BUDIDAYA-JAMUR-dan-JUAL-BIBIT-JAMUR-1276172389
Brebes Kualitasnews.com,- Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Brebes gandeng Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto adakan pelatihan budidaya jamur.

Ketua HIPSI Brebes HM Sodikin, mengatakan dengan diadakannya pelatihan budidaya jamur diharapkan peserta bisa menjadi pengusaha jamur meski dalam skala lokal. Sehingga dapat tercipta kemandirian dan mengentaskan diri dari kemiskinan.

“Sebanyak 70 peserta ikut andil dalam kegiatan tersebut. Mereka terdiri dari 35 ibu rumah tangga dan 35 pemuda pilihan se Kecamatan Bumiayu. Saya harapdengan adanya pelatihan budidaya jamur ini bisa menciptakan kemandirian dan ketahanan pangan di tingkat ibu rumah tangga dan calon pengusaha lokal, sehingga mampu menjadi solusi mengentaskan pengangguran dan kemiskinanan di Brebes” ujar Sodikin di sela pelatihan di Aula Kantor Kecamatan Bumiayu, Ahad (22/09/2013).

Masih menurut Sodikin, Pelatihan jamur ini sekaligus merupakan rangkaian pelatihan yang sudah digelar sejak Agustus lalu. Dalam jangka panjang HIPSI akan berkonsentrasi melatih seputar pemberdayaan dan pelatihan bagi warga Brebes yang kurang mampu.

“Mudah-mudahan ini menjadi sarana menuju masyarakat yang mandiri dalam ekonomi dan berwirausaha,” harapnya.

Dalam pelatihan ini, dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto memberikan pelatihan hingga peserta mendapatkan pengetahuan yang memadai sekaligus bisa mempraktekannya sampai memasarkan hasilnya. (johan)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar