Setelah Terpuruk, Harga Rumput Laut Kembali Merangkak Naik

rumput laut
Brebes kualitasnews.com,- Setelah harga jual rumput laut ke pengepul sempat mengalami keterpurukan, kini petani rumput laut di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kembali menikmati harga jual yang tinggi.

Rasmun salah seorang petani rumput laut mengatakn, setahun lalu harga rumput laut mengalami keterpurukan, yakni Rp 2.000 perkilogram. Tapi tahun ini harga rumput laut mulai merangkak naik dikisaran Rp 5.000 perkilogram ” Harga rumput laut saya harap bisa naik lagi sehingga para petani rumput laut bisa menikmatinya setelah beberapa tahun lalu mengalami keterpurukan ” ujar Rasmun (52) Senin 2 September 2013.

Menurutnya, meski kenaikan harga jual rumput laut itu belum dianggap terlalu tinggi, tapi petani lebih memilik membudidayakan rumput laut ketimbang membudidayakan ikan bandeng. Pasalnya, lokasi tambak yang sering di terjang air rob sangat beresiko tinggi usaha budidaya ikan bandeng.
“Kalau dilihat dari resikonya, saat ini petani lebih memilih membudidayakan rumput laut ketimbang ikan bandeng. Apalagi saat ini harga jual rumput laut juga sedang mengalami kenaikan,”katanya.

Para petani rumput laut berharap harga jual rumput laut bisa naik sampai Rp 7.000 per kilogram. Harga itu dianggap ideal mengingat saat ini nilai produksi naik paska kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan , upah tenaga kerja atau buruh panen juga sudah naik dari tahun-tahun sebelumnya.

Disamping itu para petani rumput laut berharap ada kepedulian dari Pemkab brebes terhadap kerusakan tambak yang ada di desa Randusanga yang selama ini banyak yang rusak karena bencana beberapa waktu lalu. (johan)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar