53 UKM di Brebes Dapat Program Sertifikat Halal Gratis

Bagikan

Brebes, Kualitasnews.com- Sejak Kementrian Agama RI meluncurkan Program Sertifikasi Halal Gratis atau Sehati bagi pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK).
3.200 pelaku usaha tercatat telah mendaftarkan produknya untuk mendapatakan serifikat halal.

Program Sehati yang dirilis oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas tersebut mendapat animo yang luar biasa dari para pelaku UMK.

Seperti halnya pelaku usaha di brebes, pelaku usaha mikro kecil dan menengah di brebes manfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan sertifikat produk halal gratis.

Bahkan tercatat brebes peringkat satu se jawa tengah dengan 53 dari 640 pelaku usaha yang berkesempatan mendaftar.

Ketua Satgas Halal Kabupaten Brebes Drs Faidurohim mengatakan” Provinsi Jawa Tengah melalui Kanwil Kemenag mampu mencapai target usulan program Sehati sebanyak 640 UMK dari 3.200 kuota se-Indonesia, dan Brebes mendapatkan kuota 53, dari kontribusi ini Alhamdulilah Jawa Tengah menargetkan 20 persen pencapaian terpenuhi,” ucapnya. pada Selasa (2/11). diruang kerja.

Dirinya berharap dengan program Sehati para pelaku usaha UKM khusunya di Brebes dapat label halal untuk mendongkrak usahanya sekaligus ebagai salah satu meningkatkan ekonomi di tengah pandemi.

Lebih lanjut dikatakan, Usai pengajuan pendafaran Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) akan melakukan pemeriksanaan dan uji halal produk UMK terkait.

Hasil dari pemeriksaan dan uji halal oleh LPH kemudian diserahkan ke MUI untuk ditetapkan halal atau tidaknya.

“Selaku Satgas Halal, kami bertugas untuk menyosialisasikan, mengedukasi, dan melakukan pendampingan kepada UMK.” pungkas Rohim

Daftar Pelaku UMK Jawa,Tengah Yang Telah Terdaftar

~ Kabupaten Brebes 53 UMK ~ Kabupaten Pati 47 UMKK
~ Kabupaten Kendal 47 UMK ~ Kota Semarang 46 UMK.

(Bedjo).