Kades Songgom dan Perangkat Desa Non Aktif Dilaporkan GNPK RI Bersama Sejumlah Warga ke Kejari Brebes

Bagikan

BREBES, Kualitasnews.com- Organisasi kemasyarakatan Gerakan Nasional Pencegahan Korupsi Republik Indonesia (GNPK-RI) Kabupaten Brebes bersama pengacara warga dan sejumlah warga yang mengatasnamakan Forum Warga Songgom Peduli Kabupaten Brebes telah melaporkan Kepala Desa Songgom dan sejumlah Perangkat Desa yang diduga terlibat dalam dugaan kasus korupsi dana bantuan langsung tunai pada masyarakat.

Diduga pengelolaan infrastruktur desa sejak tahun 2020, 2020, 2021 , 2022 dikelola oleh desa yang disinyalir di mark up dan tidak dilaksanakanalias alias fiktif, sehingga diduga merugikan negara mencapai sekitar 1,3 miliar.

Abdal, warga Songgom RT 3 RW 5 menyampaikan terima kasih kepada GNPK RI, dan Turnya SH yang telah melaporkan kasus tersebut kepada Kejaksaan Negeri Brebes, sebagai warga dari Forum Warga Songgom Peduli berharap agar aparat penegak hukum (APH) bisa tegak lurus dalam menegakan supremasi hukum.

“Kami berharap agar Kejaksaan Negeri Brebes bisa tegak lurus menegakan supremasi hukum”. tegas Abdal.

Sementara itu Kuasa hukum dari warga Forum Warga Songgom Peduli, Turnya SH mengatakan, warga sudah bersepakat apabila dari pihak perangkat desa tidak bisa mengembalikan maka diharuskan mengundurkan diri, syukur ke 5 orang perangkat desa sudah nonaktif.

“Karena belum mengembalikan kerugian negara senilai 1,338 miliar rupiah, maka hari ini rabu 18 Januari 2023 kami bersepakat tetap melaporkan kepada Kejaksaan Negeri Brebes agar diproses sesuai hukum yang berlaku”. tandasnya.

Kasi Intel Kejaksaan Negeri Brebes Dwi Raharja menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan APIP dan Auditor Inspektorat perihal kergugian negara.

Ketua GNPK RI Kabupaten Brebes mengatakan, akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas.

“Kami akan mengerahkan semua anggota GNPK RI ke pelosok desa-desa untuk menggali data dalam pengelolaan keuangan negara yang terindikasi korupsi”. ujarnya.

Dia menambahkan, GNPK RI Kabupaten Brebes akan terus mengawal pengaduan warga di Desa-desa se Kabupaten Brebes.

(**).