Kemarau,Debit Air Bendungan Menyusut

Bagikan

Tegal,Kualitasnews.com- Akibat musim kemarau panjang debit air bendungan yang berada diwilayah kabupaten tegal menyusut,jika sampai dengan bulan oktober musim kemarau masih terjadi maka diperkirakan ribuan hektar lahan pertanian yang pasokan airnya dari bendungan ini terancam kekeringan.

Nampak air di bendungan pesayangan kecamatan talang kabupaten tegal ini menyusut,debit air bendungan yang merupakan daerah aliran sungai kaligung ini menyusut drastis akibat kemarau panjang,bagian dasar bendungan yang biasanya tertutup permukaan air kini terlihat.

Penyusutan debit air mulai terjadi sejak bulan agustus,seiring mengeringnya sungai kaligung pada kondisi normal bendungan pesayangan mampu mengairi 1898 hektar lahan pertanian,dengan mengalirksn melalui tiga saluran irigasi yakni irigasi cangkring lemah duwur dan langon.

Menurut Miftahudin seorang pekerja bendungan mengatakan akibat terus menyusutnya debit air menjadikan pengairan untuk mengairi lahan pertanian terus menurun saat ini suplai air dari bendungan pesayangan dibawah 1000 liter per detik sehingga pengairan terpaksa dilakukan secara bergilir,kata dia.

Selama musim kemarau ini,ketinggian air bendungan pesayangan mengalami penurunan sekitar 30 sentimeter,jika sampai bulan oktober hujan belum juga turun maka ribuan hektar lahan pertanian yang sumber airnya dari pasokan bendungan terancam kekeringan. (Team/Bj/KN2/YH)