Pembukaan Porsenitas VIII di Brebes Meriah.

Brebes,Kualitasnews.com- Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Daerah Perbatasan (Porsenitas)  VIII Kunci Bersama dan pameran produk unggulan daerah.  berlangsung meriah.

Porsenitas dibuka secara resmi oleh Ketua Sekretariat Kunci Bersama Aang Hamid Suganda, dengan pemukulan jimbe (alat musik) yang diikuti bupati/wali kota dari masing-masing daerah. Penampilan kesenian khas daerah juga turut meramaikan pembukaan tersebut di Stadion Karang Birahi Brebes, Rabu (27/11).

“Persiapan Porsenitas di Kabupaten Brebes luar biasa, banyak inovasi yang diprogramkan. Baik dari cabang olahraga (cabor) yang ditandingkan, seni budaya, maupun produk unggulan,” ucap Aang memuji.

Aang mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan rasa kebersamaan, soliditas dan komunikasi yang akrab sesama perangkat daerah serta ajang untuk kebugaran fisik melalui olahraga dan seni.

“Lembaga Kunci bersama dibentuk sejak 2011, atas dasar komitmen bersama untuk mengatasi problem pembangunan di wilayah perbatasan,” ungkap Aang.

Lanjut Aang, keberadaannya pun tetap eksis berkat dukungan angota yang terdiri dari 9 Kabupaten /Kota wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah. Di antaranya Brebes, Cilacap, Kota Banjar, Ciamis, Majalengka, Cirebon, Kota Cirebon, Pangandaran, dan Kuningan.

“Semoga silaturahmi melalui gelaran porsenitas ini dapat berjalan sukses dan nyaman,” pungkasnya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengucapkan selamat datang kepada para anggota Kunci Bersama. Baik bupati/wali kota, juga kepada kontingen yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) itu.

“Alhamdulillah Kabupaten Brebes untuk tahun ini bisa menjadi tuan rumah Porsenitas. Sungguh merupakan kehormatan serta kebanggaan bagi kami dan masyarakat,” ucap Idza.

Porsenitas ini, menurutnya bukan hanya berisi kegiatan olahraga dan seni antar daerah perbatasan saja, namun juga ada pameran produk unggulan yang tergabung dalam sekretariat kerja bersama.

“Kita akan juga saksikan bersama, produk-produk unggulan yang ada di stand yang telah disediakan dan pentas seni serta olahraga bersama, sehingga ini tentu akan menjadi kebersamaan dan sinergitas buat kunci bersama,” lanjutnya.

Maksud dan tujuan kunci bersama, tuturnya, adalah mensinergikan perencanaan pembangunan dan kerjasama program pemerintah baik kabupaten, kota, provinsi maupun pusat yang berada di wilayah perbatasan
 
“Tidak hanya itu, sembilan Daerah Kabupaten/ Kota anggota kunci bersama ini juga bertekad untuk menjadi mitra strategis untuk mewujudkan isu pembangunan yang terarah dan terpadu kedepannya dengan kerjasama yang solid dan progresif,” lanjutnya.

Kerjasama sembilan daerah yang ditandai dengan MoU ini, diantaranya dalam bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, sosial, dan budaya serta penanggulangan bencana alam.

Asisten 1 Sekda Brebes selaku panitia Porsenitas H Athoillah Sayatori, melaporkan ditetapkannya Kabupaten Brebes sebagai tuan rumah berdasarkan rapat koordinasi di Kota Banjar, pada Porsenitas 2018, melibaykan unsur sekertariat kerja sama daerah dan bupati/wali kota.

“Porsenitas mengusung tema, Dengan Porsenitas Kita Tingkatkan Silaturahmi, Kebugaran Jasmani Dan Produktifitas Kerja Forkompinda dan ASN di Lingkungan Sekretariat Kerja Sama Kunci Bersama,” ucap Athoillah.

Kata Athoillah, para peserta adalah Forkompinda dan ASN. Sedangkan pertunjukan seni merupakan perwakilan sanggar seni masing-masing serta peserta pameran produk unggulan yanng tergabung dalam Kunci Bersama.

“Cabang olahraga yang dipertandingkan yaitu bola voli indor, bola voli pasir, bulu tangkis, catur, sepak bola, basket, tenis lapangan, tenis meja, futsal, aerobik dan senam, dan olahraga tradisional,” jelas Athoillah.

Lanjutnya, peserta akan merebutkan 140 mendali di bidang olahraga, 3 tropi di penampilan seni dan budaya, serta 3 tropi stand pameran. Kegiatan tersebut berlangsung tiga hari dari 26-29 November.

Tampak penonton pembukaan sangat meriah,karena dihadiri lebih dari 20 ribu penonton dari unsur pelajar, mahasiswa, guru, ASN dan masyarakat umum serta peserta dari 9 Kabupaten / Kota Daerah perbatasan. (Bedjo/Bayu Arfi/Wsd/Kmf).