Sampah Menggunung di Pinggir Jalan, Sejumlah Pengguna Jalan Keluhkan Bau Tak Sedap

Bagikan

Brebes, Kualitasnews.com- Sejumlah pengguna jalan mengeluhkan kondisi bau tak sedap dan sampah yang menggunung di pinggir jalan Desa Padasugih Kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah. jumat, (20/5).

Walaupun sudah disediakan bak pembuangan sampah, namun tak sedikit sampah yang menumpuk di pinggir jalan tepatnya di sebelah barat tempat pemakaman umum Desa Padasugih, tumpukan sampah tersebut terlihat di pinggir jalan dan kadang berceceran.

Kurangnya kesadaran diri masyarakat yang membuang sampah ataukah lambannya penanganan dari petugas sampah.

Raharjo salah satu pengendara sepeda motor yang melintas jalan tersebut mengatakan, setiap melewati jalan itu selalu menghirup bau tak sedap, bahkan sampah terlihat sering menggunung.

“Disamping bau tak sedap, sampah ini pun sering terlihat menggunung, sehingga sampah-sampah yang menggunung dipinggir jalan mengganggu kenyamanan para pengendara baik roda dua ataupun roda empat.” ujarnya.

Yadi, Pengguna jalan yang kerap melintasi jalan tersebut juga mengeluhkan kondisi bau menyengat sampah. Diharapkan ada perhatian serius dari dinas terkait dalam menangani permasalahan sampah.

Menurut Aktifis LSM Landep Dedy Rochman HS menjelaskan, persoalan sampah di Kabupaten Brebes akhir-akhir ini belum bisa terselesaikan dengan baik, disamping kesadaran masyarakat yang tidak menjaga kebersihan, pihak Pemerintah Kabupaten Brebes melalui dinas terkait seakan2 tidak tegas dan serius dalam penanganan sampah.

Lanjut Dedy, kalo dibuatkan perda dan sangsi hukuman atau denda saya yakin masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan. Coba Setiap kecamatan dan kelurahan atau desa ada petugas khusus atau dibentuk satgas sampah untuk lakukan kontrol secara berkala agar tidak terjadi pembuangan sampah secara sembarangan.

“Satgas sampah juga bisa memberikan penyuluhan dan pemahaman kepada masyarakat akan sadar membuang sampah. Saya yakin masyarakat memahami dan mau taat menjaga kebersihan, karena kebersihan itu sebagian dari iman.” ungkap Dedy Rochman HS Ketua Lembaga Analisis Data dan Kajian Kebijakan Publik (LANDEP) Kabupaten Brebes.

(Bj).