Dampak Kekeringan, Warga Jatimulya Tegal Manfaatkan Sumur Sebagai Penampung Bantuan Air

Tegal,Kualitasnews.com- Dampak kemarau yang berkepanjangan di lima kecamatan wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, juga dirasakan warga masyarakat Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, tempat dilaksanakannya TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal.

Sedangkan di Desa Jatimulya sendiri yang mengalami krisis air bersih terparah adalah di Dukuh Sigerung dan Wanasari, meliputi 3 RW dengan jumlah 500 KK atau 2.500 jiwa.

Dengan adanya dukungan yang terus mengalir dari berbagai pihak, dan belum maksimalnya tempat penampungan air, akhirnya warga memanfaatkan sumur yang sudah mengering guna menampung air bantuan dari Klenteng Hok Ie Kiong Slawi Kabupaten Tegal dan Yayasan Konghucu (Makin) Kota Tegal, yang datang hari ini sebanyak 10 truk tangki atau 70 ribu liter. Rabu (24/7/2019).

Dibenarkan Babinsa setempat dari Koramil 05 Suradadi, Serda Mursidi, ada 4 sumur yang sudah mengering dan saat ini digunakan untuk menampung air bersih tersebut.

“Keempat sumur warga Dukuh Sigerung yang dijadikan sebagai tempat penampungan air, salah satunya adalah milik Ibu Iin (37), warga RT. 1 RW. 1,” ucapnya.

Sementara dinyatakan Iin bahwa, dirinya bersama warga yang lain sengaja memanfaatkan sumur yang ada untuk menampung air, karena tidak mempunyai bak penampungan yang besar.

“Kami tidak mempunyai bak penampungan yang besar pak, adanya hanya jerigen yang hanya bisa menampung beberapa liter air saja, makanya kita gunakan sumur untuk menampung air,” ungkapnya. (BJ/KN2/Rus-Aan).