Babinsa Dawuhan Sirampog, Berikan Latihan Penghormatan Militer Dan PBB.

Brebes,Kualitasnews.com– Peran para pemuda sangatlah penting dalam menentukan gerak perubahan suatu desa, apakah akan menjadi bagus atau tidak. Untuk itulah, salah satu lapisan masyarakat ini, juga menjadi salah satu fokus perhatian TNI dalam hal ini Babinsa.

Seperti terlihat gambar, Koptu Misyono, Babinsa Dawuhan Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes, memberikan pelatihan penghormatan militer dan PBB statis atau ditempat, kepada puluhan Pemuda Muhammadiyah Ranting Dawuhan, bertempat di objek wisata Green Hill, Dukuh Karang Pucung Desa Mendala Kecamatan Sirampog. Rabu sore (8/5/2019).

“Dengan ketinggian 1.900 mdpl, tentunya udara sangat sejuk dan dingin dan sangat cocok menghangatkan badan dengan latihan PBB sambil menunggu waktu buka puasa,” ucap Misyono.

Lebih lanjut dibeberkannya, selain para pemuda bidang kesiapsiagaan dan SAR, Kokam (Komando Angkatan Muda Muhammadiyah), juga bergerak dalam berbagai bidang lainnya demi kemajuan masyarakat, yang meliputi bidang dakwah, pendidikan dan kaderisasi, organisasi, kewirausahaan serta bidang olahraga.

“Saya melatih untuk menumbuhkan semangat kepada puluhan Pemuda Kokam yang membidangi kesiapsiagaan dan SAR, agar mereka militansi jika sewaktu-waktu tenaganya dibutuhkan untuk pengamanan dan penanganan bencana alam bersama TNI,” ucapnya.

Diketahui selain Kokam di Dukuh Rendeh yang merupakan salah satu organisasi kepemudaan di wilayah desa binaannya, organisasi kepemudaan lainnya meliputi membina BANDIT (Barisan Dukuh Warni Tangguh), IRIS (Ikatan Remaja Islam Semangkung) di Dukuh Semangkung serta HIPPA (Himpunan Pemuda Pemudi Paingan) di Dukuh Paingan.

Upaya Babinsa mendapatkan restu dan apresiasi dari Kasi Pemerintahan Desa, Sudarsono, S.PD.I. Pasalnya, bidang Kokam dan SAR merupakan bidang dengan keanggotaan yang harus siap di barisan terdepan dalam hal keamanan serta keselamatan lingkungan, baik sewaktu ada acara maupun saat terjadi bencana alam. (BJ/KN2/Aan/Dim0713).