Beberapa Bangunan Cagar Budaya Brebes Terancam Hilang

Bagikan

Wijanarto Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes,
Wijanarto Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes,

Brebes kualitasnews.com,- Bangunan cagar Budaya (BCB) Kabupaten Brebes ternacam hilang dan beberapa diantaranya kondisinya sudah dalam keadaan rusak. Demikian dikatakan    Kepala Seksi Sejarah dan Purbakala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes, Wijanarto, beberapa waktu lalu dalam sela obrolannya dengan kualitasnews.com   

Menurut Wijanarto, dari data jumlah BCB, ada sebanyak 62 bangunan. Dari jumlah yang ada  sebagian besar sudah pada rusak. “Kalau dibiarkan maka BCB akan hilang atau rusaknya tambah parah,” ujar Wijanarto

Sebagian yang ada sudah  teregistrasi sebagai BCB pada Dinas Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah per Oktober 2010 dan terbukukan oleh Bappeda Brebes ini, dan merupakan bangunan dengan nilai sejarah yang tinggi. Sebab, sebagian besar adalah bangunan peninggalan kolonial, Islam, klasik Hindu dan sejarah peninggalan lain.

Diantara BCB yang rusak menurut Wijanarto diantaranya kantor Kawedanan Bumiayu, Arca di Bumiayu, Pabrik Gula (PG) Banjaratma, PG Kersana, Menara Air di Jatibarang, dan sejenis lainnya.

“Dari beberapa kendala yang kami temui di lapangan adalah status kepemilikan, usia bangunan yang rentan rusak, masyarakat yang belum memahami arti penting BCB, serta proses konservasi. Banyak BCB yang kepemilikannya jadi milik pribadi,” terangnya.

Lebih lanjut Wijanarto mengatakan pemerintah juga telah berupaya mengantisipasi,yakni  dengan menyamakan pemahaman persepsi tentang kepemilikan BCB terhadap masyarakat di lokasi BCB, dan inventarisasi BCB. (KW1)