Bimbingan dan Penyuluhan Hukum Warga Cikuya

Bagikan

Brebes, kualitasnewscom – Program TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Bbs yang sedang berlangsung ini disamping dalam pelaksanaan kegiatan fisik, TMMD juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa sosialisasi ataupun penyuluhan sebagai wahana pengetahuan dan wawasan warga masyarakat agar dalam berkehidupannya sejalan dengan tatanan kehidupan sesuai norma dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Sosialisasi dan penyuluhan yang dilaksanakan dalam TMMD ini guna memberikan pemahaman kepada warga masyarakat baik tentang wawasan kebangsaan, bela negara ataupun tatanan kehidupan sebagai warga bangsa Indonesia.

Begitupula yang dilaksanakan hari ini, Rabu (4/10) di Aula Balai Desa Cikuya Kec.Banjarharjo Kab.Brebes telah berlangsungnya kegiatan penyuluhan hukum terpadu dari Pengadilan Negeri Brebes.

Bertindak sebagai penyuluh, Wakil Pengadilan Negeri Brebes, Sudrajat,S H.

Mengawali suluh hukumnya, Wakil Pengadilan Negeri Brebes menyampaikan bahwa TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD adalah bersatunya segenap elemen dan komponen bangsa diwilayah untuk membangun daerahnya agar daerahnya tidak tertinggal dengan daerah lainnya yang sudah maju.

“Tugas Pengadilan Negeri 3 M yakni Menerima, Memeriksa dan Menyelesaikan Perkara.”, terangnya.

Menurutnya, selama ini banyak masyarakat kita yang takut mendatangi ataupun mengetahui seluk beluk hukum yang ada di Indonesia.

“Apabila masyarakat membutuhkan bantuan perkara hukum, maka datangilah kantor yang menangani perkara hukum. Jangan sampai masyarakat kita ataupun warga disini yang sedang ada kasus perkara melimpahkan kepada orang lain. Karena hal ini, juga terkena pasal yakni saksi palsu ataupun membuat perkara palsu”, jelasnya.

Bila ada warga masyarakat sebagai saksi ahli yang melihat dan mendengar kejadian perkara, maka jangan ragu-ragu dalam bersaksi.

“Warga negara termasuk didalamnya segenap masyarakat khususnya di Cikuya ini, berkedudukan sama dalam hukum. Karenanya, mari kita taati aturan yang ada, taati tatanan kehidupan bangsa kita, agar kita dapat tenteram dan aman dalam menjalankan kehidupan ini. Patuhi dan taati rambu-rambu hukum agar kita tidak terjebak dan terbawa arus oleh perkembangan situasi yang ada, yang dapat merugikan diri sendiri, keluarga dan masyarakat”, harapnya.

Sementara itu, Ny.Yuta, S.H dari Bagian Hukum Setda Brebes menyampaikan agar orang tua untuk selalu memberikan pengawasan melekat terhadap anak-anaknya. Karena disinyalir, dalam era globalisasi seperti saat ini banyak terjadi hal-hal negatif disekitar kita. Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang sangat pesat, dapat menimbulkan hal yang positif dan negatif. Hal positif menjadikan kita dapat berwawasan. Sedangkan hal negatif, yang dapat mengancam bahaya bagi kita.

“Mari kita berikan ekstra pengawasan bagi keluarga kita, anak-anak kita, agar mereka tidak terjerumus dan terprovokasi pergaulan yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga”, terangnya.

“Kita pantau dan kita awasi anak-anak kita dalam pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, serta ancaman lain yang dapat membahayakan keselamatan bangsa dan negara kita”, ujarnya.

“Terkait dengan perkembangan ilmu teknologi yang sangat pesat dengan adanya alat komunikasi yang canggih dapat mempengaruhi perkembangan anak dalam kehidupannya. Diharapkan dengan pesatnya ilmu pengetahuan ini, kita dapat secara bijak menggunakan media sosial kita, hal ini agar tidak terjadi suatu permasalahan yang muncul dikemudian hari”, tandasnya.

Pada kesempatan yang sama dalam kegiatan penyuluhan hukum terpadu kegiatan non fisik TMMD Reg Ke-100 Kodim 0713/Bbs, Agus Ismanto,S.I.P.,M.Si. dari Kesbangpol Brebes mengajak kepada warga masyarakat desa Cikuya untuk bersama-sama memajukan bangsa Indonesia dengan semangat bekerja mengisi kemerdekaan Indonesia dengan baik. Membangun bangsa Indonesia untuk anak cucu kita kelak melalui program nasional yang telah dicanangkan Presiden RI dengan Lima Aksi Nyata Gerakan Nasional Revolusi Mental. (KN)