Dalang Ki Tobat Surono Meriahkan Khaul Syeh Junaedi

Bagikan

Brebes,Kualitasnews.com- Warga kembali memadati pelataran halaman parkir makam Syeh Junaedi Al Baqdadi Desa Randusanga Wetan Brebes  untuk melihat pementasan wayang golek  yang mengangkat lakon “Babad Alas Marteng Baya” Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kab. Brebes yang dalam hal ini kerja bareng Desa Randusanga Wetan dalam rangka peringatan Kaul Syeh Junaedi Al Baqdadi . Sabtu (24/11) malam.

Dibawakan oleh Dalang Ki Tobat Surono Hadi Carito S Sos, membawakan cerita yang mengisahkan tentang asal usul Desa Randusanga dan Sepeninggalan Singgahnya Waliyullah (Walisongo) di Desa Randusanga Brebes.

Sambutan Bupati Brebes yang kali ini diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi Informatika Dan Statistik Kab. Brebes Johari SH, dalam sambutannya menegaskan bahwa “Pemkab sangat mengapresiasi adanya pagelaran wayang golek ini, diharapkan kegiatan tersebut bisa turut serta dalam melestarikan kearifan budaya lokal,” Kata Johari.

Oleh karena itu, kita sebagai pewaris budaya bangsa harus selalu berusaha melestarikan dengan menampilkan berbagai seni dan budaya yang ada, terutama seni budaya lokal yang menjadi ciri khas masing-masing daerah seperti halnya pagelaran wayang golek ini.

Kisah wayang tidak hanya memberikan pelajaran tentang moral dan cara mencapai kebahagiaan, kisah wayang juga mengajarkan hal-hal lainnya. Terkandung nilai Adiluhung sebagai santapan rohani yang secara tersirat, apabila dikaji semakin mendalam dapat ditelusuri nilai-nilai edukatif yang sangat penting bagi kehidupan manusia.

”Marilah kita menikmati pagelaran wayang golek malam hari ini, semoga dapat memberikan hiburan serta Sembur Pitutur yang akan bermanfaat bagi kita semua dalam mengarungi kehidupan bermasyarakat,”. Ujar Johari dalam akhir sambutannya.

Sesaat sebelum pementasan, secara simbolik Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Brebes Johari SH menyerahkan tokoh wayang Raden Ampenan kepada Dalang Ki Tobat Surono yang akan tampil di acara tersebut.

Hadir pada acara tersebut Kepala Desa Randusanga Wetan, Kabid Kebudayaan Wijanarto, Kabid Informatika Dan Aptel, Kapolsek Brebes, dan Danramil Wanasari Kapten Infanteri Turiman, Tokoh Masyarakat dan Ulama, serta para tamu undangan lainnya. (Bedjo/KN2/Hms).