Dandim Brebes: Tekankan Netralitas TNI Dalam Upacara Bendera Tujuh Belasan

Bagikan

Brebes,KualitasNews.com– Sebelum melaksanakan Upacara Bendera Detik-detik Proklamasi HUT RI Ke-73 yang terpusat di Alun-alun Kabupaten Brebes, Dandim 0713 Brebes, Letkol Inf. Ahmad Hadi Hariono memimpin pelaksanaan Upacara Tujuhbelasan di Halaman Makodim. Jumat pagi (17/8/18).

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara membacakan amanat Kasad bahwa ceremonial tersebut dilaksanakan setiap tahun dan dijadikan momen istimewa untuk flash back pada sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia puluhan tahun silam.

Kasad, Jenderal TNI Mulyono mengatakan bahwa momen peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk melaksanakan evaluasi terhadap eksistensi Bangsa Indonesia saat ini, serta berintrospeksi atas karya apa yang telah kita dedikasikan untuk menjaga eksistensi tersebut.
Kasad juga mengapresiasi kepada seluruh prajurit dan PNS TNI-AD dimanapun bertugas dan berada, atas kinerja dan dedikasi yang telah ditunjukkan hingga saat ini, sehingga tugas-tugas TNI Angkatan Darat dalam pengabdiannya kepada Bangsa dan Negara dapat berjalan dengan baik dan membuahkan hasil yang positif.

Jenderal Mulyono juga berpesan sebelum mengakhiri amanatnya, agar TNI tetap menjaga netralitasnya dalam menghadapi Pileg dan Pilpres tahun 2019 mendatang. Serta memerintahkan kepada para Komandan Satuan agar melaksanakan deteksi dini dan cegah dini terhadap situasi yang berkembang yang berpotensi menjadi ancaman dan menimbulkan konflik, dengan tetap bersinergi dengan Polri serta elemen masyarakat lainnya untuk menciptakan serta menjaga kondusifitas wilayah masing-masing selama hajatan 5 tahunan itu.

“Selamat bertugas, Dirgahayu Republik Indonesia. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita dalam melanjutkan pengabdian kepada TNI-AD, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kita cintai.” pungkas Jenderal Bintang Empat Angkatan Darat tersebut.

Nampak Kasdim, Mayor Inf. Arief Soehartono, S.Pd, para Pasi Kodim 0713/Brebes, dan Dansubdenpom Brebes juga hadir dalam upacara tersebut. (Bedjo/dim 0713).