Dandim Brebes Hadiri Upacara Peringatan Lahirnya Pancasila

Brebes, Kualitasnews.com- Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono menghadiri kegiatan upacara peringatan ke-73 hari lahirnya Pancasila tahun 2018 di Islamic Center Brebes. Jum’at (01/06/2018) pukul 07.30 WIB.

 

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0713/Brebes Letkol Inf Ahmad Hadi Hariono, Forkopimda, Camat Se-Kabupaten Brebes, , angggota TNI, Polri, Senkom, Banser, tokoh pemuda, pelajar dan tamu undangan.

Bupati Kabupaten Brebes Idza Priyanti yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Priseden RI Ir. H. Joko Widodo yang menyampaikan bahwa, upacara ini merupakan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai – nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. “Adalah jiwa besar para Founding Fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,”kata Bupati.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Selain itu, Kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. “Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong, “jelas Bupati

Karena itu, Presiden dalam amanatnya mengajak peran aktif para tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita, sebut Dandim lebih lanjut.

Semangat Kesatuan merupakan pilar utama berbangsa, jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan bangsa,” pungkas Bupati.

Selamat hari lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua anda Indonesia, Semua anda Pancasila. Saya Indonesia, Saya Pancasila. (Bedjo_KN2)

Beri Komentar