Demam Batu, Seorang Kepala Sekolah Jadi Pengrajin Batu Akik.

Eko Ananda Tohara,S.Pd sedang menunjukan koleksi batu akiknya jenis Black Jet ( Giok Hitam )
Eko Ananda Tohara,S.Pd sedang menunjukan koleksi batu akiknya jenis Black Jet ( Giok Hitam )

Brebes Kualitasnews,,-Semakin maraknya penggila batu akik hampir diseluruh pelosok nusantara,kali ini seorang kepala sekolah menekuni bisnisnya sebagai pengrajin batu akik.

Eko Ananda Tohara S.pd kepala sekolah SD Negeri Ketanggungan 02 kecamatan ketanggungan kabupaten Brebes menjelaskan  bisnis produksi batu.

” Akik yang saya tekuni semata mata hanya untuk memanfaatkan  waktu luang setelah pulang sekolah sambil memberikan pengalaman pada kawula muda yang belum bekerja tanpa mengurangi jam dinas sebagai kepalasekola “ungkapnya.

Disamping mengisi waktu luang Eko (57)  juga ingin menyalurkan hobi tentang batu,karena sebelum maraknya batu akik dan batu mulia dia juga seorang penggemar batu cincin  sejak dulu.

Selain sebagai pengrajin batu akik, Eko juga membuat peralatan untuk menggosok batu akik dari tingkat dasar baik berupa pisau potong,grenda dan alat poles bermesin.

Eko menjelaskan proses pengerjaan pembuatan batu akik dari tahap awal, seperti mencari nilai dari bongkahan batu sebagai bahan pembuatan batu akik, pemotongan bongkahan untuk diperoleh motif atau gambar yang bagus, dalam hal  ini maka butuh  imajinasi dari pengrajin  sehingga jadinya batu akik akan mempunyai nilai estetika dan keindahan sebagai cincin maupun lionntin.

Saat Kualitasnews bertandang di rumahnya di Gang Tirtayasa No.62 Rt 05 Rw 03 Kedawung Tanjung Kabupaten Brebes beberapa waktu lalu terlihat  aktifitas pengerjaan mulai dari pemotongan hingga pemolesan secara sempurna yang dikerjakan  oleh Eko dengan dibantu dua orang pekerja.
“ Selain sebagai perajin batu, Saya juga   mempunyai usaha Las dan Sablon jadi  sekalian produksi alat pemotong batu,grenda maupun alat poles,hasil produksi yang telah jadi  lalu dijual antar penggemar saja tanpa dipasarkan “ terangnya.

Menurut eko pembelian bahan bongkahan batu berasal dari  rawa bening,purwokerto,dan lokal .

Ada berbagai macam  Jenis Batu yang diproduksi antara lain Raflesia,giok,clawing,panca warna,nagasui dan masih banyak lagi jenis batu lainnya. ada  beberapa jenis batu lokal seperti Ciseureh dan jala watu.

Hasil yang telah jadi bisa  dijual dari 200 ribu  hingga jutaan rupiah tergantung pada nama jenis batunya.

“ Saat ini saya sedang memburu produksi batu untuk dijadikan sebagai hiasan Liontin maupun cincin,siapa tahu di ketanggungan ada kontes batu akik” tambah Eko

Selain menerangkan bagaimana proses pembuatan batu akik, Eko juga memberikan tips bagaimana cara mengetes keaslian batu akik dengan alat tester keaslian batu akik jenis giok
hitam (Black Jet) dengan cara isi air kedalam gelas,lalu teteskan cairan betadine,rendam giok hitam selama beberapa menit,maka cairan yang telah larut didalam air akan meresap dalam  Black Jet. tersebut,dan  kedua tempelkan dengan bahan yang mengandung magnet,maka akan terdapat tarikan energi.

Ada beberapa jenis batu yang dijadikan hiasan liontin seperti yang ditunjukan yaitu batu jenis
“Naga Sui” yang laku dijual seharga 500 ribuan. ( Bedjo/KN)

 

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar