Idza: Pengabdian RT RW Sangat Luar Biasa

Bagikan

Brebes,Kualitasnews.com- Pembinaan dan sosialisasi Ketua RT dan RW se Kecamatan Tanjung dan Losari Kabupaten Brebes yang berlangsung di Aula dan halaman Kantor Kecamatan setempat, Sabtu (02/2) berlangsung meriah.

Bupati Brebes kembali memberikan pembinaan dan sosialisasi kepada ratusan ketua RT dan RW di kecamatan Tanjung dan Kecamatan Losari Kabupaten Brebes.

Idza mengapresiasi kinerja para ketua RT dan RW sungguh luar biasa, tidak memandang waktu, tenaga dan pikiran yang dicurahkan untuk lingkungannya. Bahkan RT RW terkadang menjadi ujung tombak dan ujung tombok dalam menjalankan tugas dilingkungannya.

“Kadang ketika ada tamu, harus medangi, ada masalah warganya juga turut menyelesaikan, sungguh pengabdian yang luar biasa,” kata Idza kepada ratusan ketua RT dan RW.

Idza mengakui kalau Insentif dari Pemerintah Kabupaten yang digulirkan lewat Alokasi Dana Desa (ADD) untuk Ketua RT dan RW memang belum sebanding dengan pengabdian yang telah diberikan. Meskipun demikian, semoga apa yang telah dilakukan bisa bernilai ibadah dan semoga menjadi berkah.

Untuk itu, kinerja para ketua RT dan RW harus terus ditingkatkan, sehingga pembangunan di wilayah khususnya pedesaan agar dapat berjalan dengan baik.

Bupati berharap, Ketua RT/RW lebih peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya dengan memahami apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
“Disamping itu kedudukan saudara sangatlah strategis, karena lebih tahu kondisi masyarakat serta dapat mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung,” tandasnya.

Bupati juga mengingatkan tentang banyaknya program dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten supaya didukung oleh Ketua RT dan RW. Di antaranya sertifikasi tanah, bantuan BPJS Kesehatan, Kartu Indonesia Pintar, Keluarga Berencana (KB), Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) serta Program lainnya.

Idza menjelaskan, Pengalokasian dana desa tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur saja. Namun lebih utama untuk layanan dasar masyarakat guna peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Brebes. Pembiayaan Bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi serta sosial.

“Saya berpesan kepada seluruh ketua RT/RW di Kabupaten Brebes, supaya alokasi dana desa tersebut digunakan untuk pembangunan dan kebutuhan dasar masyarakat sebaik mungkin. Demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

Camat Losari Imam Tohid menjelaskan, di wilayahnya terdapat 544 RT dan 112 Ketua RW yang terdiri dari 22 desa. Mereka telah menjadi mitra yang baik dalam penyelenggaraan pembangunan di Kecamatan Losari.

Pembinaan RT RW sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Tanjung. Camat Tanjung Wiriyanto melaporkan di Kecamatan Tanjung, memiliki 369 Ketua RT 79 Ketua RW yang terdiri dari 18 desa.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Bupati, semoga dalam pembinaan dan sosialisasi ini dapat meningkatkan kinerja ketua RT/RW, sekaligus dapat menjalin silaturahmi dan kerja sama yang baik antara Pemerintah Daerah dengan pemerintah desa,” ucap Wiriyanto.

“Saya berharap pembinaan dan pemberian insentif ini dapat meningkatkan kinerja, apa lagi dalam pengalokasian dana desa. Para ketua RT/RW untuk terus memantau dan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat di lingkungannya,” harapnya.

Acara dihadiri oleh 369 ketua RT dan 79 ketua RW dari 18 Desa se Kecamatan Tanjung. Setelah selesai acara pembinaan RT RW di Kecamatan Tanjung Bupati beserta rombongan bergegas melanjutkan ke Kecamatan Losari.

Hadir dalam acara tersebut Kabag Penanggulangan Kemiskinan, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, dan jajaran Muspika kecamatan (BJ/KN2/Hms).