Inilah Penemuan Bangunan Candi Peninggalan Sejarah di Tonjong Brebes

Brebes,Kualitasnews.com- Penemuan bangunan candi peninggalan sejarah ditemukan kembali di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (25/07/2019).

Penelitian terkait penemuan bangunan candi yang terletak di lahan perhutani dukuh Kalipucung ini tersebar luas di media massa hari ini.

Dalam penelitian tersebut diantaranya Prof. Gunardi dari balai arkeologi Yogyakarta beserta 2 orang, Sekdes Galuhtimur Muhajir, Babinsa Galuhtimur Sertu Ali Mahfur dan masyarakat 15 orang.

Bahwa menurut penelitian secara dini bahwa sebuah bangunan candi ini diperkirakan dibangun sekitar tahun 500 SM sampai dengan 500 M. Kata Prof. Gunardi.

Bangunan tersebut digunakan sebagai bangunan suci karena ditemukan sumur dengan diameter 80 Cm x 80 cm yang dibangun dengan bata merah.

Dan ditemukan Arca Dharmapala, Youni dan kelengkapan lainnya yang menandakan adanya sebuah bangunan candi. Tambah Prof. Gunardi.

Pendataan penemuan candi ini akan dilanjutkan hingga lebih detail lagi, akan dilanjutkan hari berikutnya. Tambah Prof. Gunardi. (BJ/KN2/Dim0713/Utsm).