Kadinkes Brebes dan Dansatgas TMMD Reguler Terus Tekankan 3 M

Bagikan

Brebes,– Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, dr. Sartono, MM dan juga Dansatgas TMMD Reguler 109 atau Dandim 0713 Brebes, Letkol Armed Mohamad Haikal Sofyan, terus menekankan 3 M di lokasi TMMD Reguler, yakni kepada masyarakat Desa Kalinusu, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Disampaikan dr. Sartono, bahwa 3M dimaksud adalah Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga Jarak.

Hal itu disampaikannya di Kantor Balai Desa Kalinusu, selepas meninjau kegiatan pengobatan gratis di Dusun Beji RT. 05 RW. 01, Kalinusu, yang diselenggarakan oleh Puskesmas Kaliwadas, Kecamatan Bumiayu, yang bekerja sama dengan Kesehatan Lapangan Satgas TMMD Reguler 109 Brebes. Kamis (8/10/2020).

“Ini merupakan upaya Pemkab melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dan Kodim, dalam mencegah penyebaran covid-19, agar Brebes cepat sehat, maju, berkilau dan Brebes bercahaya,” ungkapnya.

Sementara ditambahkan Letkol Haikal, bahwa pihaknya gencar melaksanakan 3 M itu di semua kegiatan TMMD Reguler, baik saat kerja bakti pembangunan infrastruktur jalan 2,2 kilometer lebar 4-6 meter beserta sarana penunjangnya (talud, 3 plat duiker, dan sebuah gorong-gorong), maupun kegiatan non fisik TMMD (penyuluhan-penyuluhan, sosialisasi, dan pelatihan).

“Satgas TMMD juga telah memasang himbauan 3 M itu di beberapa tempat strategis masyarakat, termasuk di sekitar Lapangan Sepakbola Desa Kalinusu, tempat pemusatan tinggal Satgas TMMD di tenda-tenda pleton,” bebernya.

Lanjutnya, walaupun upaya edukasi itu berupa sejumlah banner yang terpasang, namun diharapkan protokol kesehatan pencegahan covid itu diketahui dan dilaksanakan bagi masyarakat yang melihatnya.

“Dengan banyaknya pemasangan banner himbauan pencegahan covid, diharapkan akan menumbuhkan budaya malu bagi masyarakat setempat dan pendatang yang hadir terkait pembangunan, khususnya jika tidak memakai masker,” imbuhnya.

Ditambahkan Haikal, selain mewajibkan anggotanya (anggota Satgas TMMD Reguler – red), memakai masker sebagai kampanye langsung bagi warga yang melihat, juga untuk memberikan ketenangan kepada masyarakat di tempat tugasnya. (Bedjo/Aan).