Kasus Penebangan Hutan Mangrove Berlanjut

Kawasan konservasi hutan mangrove di Pandansari, Desa Kaliwlingi – Brebes yang ditebang liar oleh orang yang tak bertanggungjawab

Brebes,Kualitasnews.com- Hutan mangrove yang berada dipesisir pantai pandansari desa kaliwlingi kecamatan Brebes Kabupaten Brebes Jawa Tengah itu awalnya adalah sebuah kawasan pertambakan yang terkena dampak abrasi beberapa puluh tahun yang lalu.

Mantan Kepala Desa Kalilingi yang sekarang menjabat Ketua Pokdarwis Manggrove Sari, Rusjan, mengatakan ” Sudah sepuluh tahun kami menanam (pohon manggrove), ada yang tumbuh sendiri, ada yang tambal sulam, dan ada juga yang murni ditanam”.

Wilayah pertambakan yang terkena abrasi tersebut, awalnya disiasati oleh warga penggiat lingkungan dengan menanami pohon-pohon manggrove yang salah satu jenisnya adalah api-api.

Sekertaris Pokdarwis sekaligus sebagai aktivis penggiat lingkungan, Mashadi menjelaskan; “Kalau disini itu ada empat belas jenis, nah api-api itu termasuk jenisnya. Kalau hutannya, namanya hutan manggrove”.

Mashadi bersama warga pegiat lingkungan lainnya menanam dan melindungi pohon mangrove di sepanjang pesisir Pandansari dan sekitarnya selama puluhan tahun hingga membuahkan hasil yang menguntungkan yakni wilayah tersebut telah menjadi salah satu obyek wisata kebanggaan di Kabupaten Brebes.

Sosok pria yang juga pernah menerima penghargaan Kalpataru yang diberikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2015, Mashadi juga menginformasikan bahwa beberapa hari yang lalu, ada aksi penebangan pohon manggrove disekitar pinggiran sungai pemali dekat sodetan sungai polang Dukuh Pandansari Desa Kaliwlingi Brebes.

Sebelumnya, jajaran tim unit Reskrim Polsek Brebes merespon cepat aduan dari perwakilan Pokdarwis terkait aksi penebangan tersebut, dan langsung membawa dua orang pekerja yang kedapatan melakukan pembababatan pohon mangrove, sekaligus mengamankan barang bukti berupa gergaji mesin, palu, golok dan gergaji manual. Keduanya yakni Dono (50) dan Wardin (52) diketahui hanya disuruh oleh tetangganya yang bernama Carubi.

Kanit Reskrim Polsek Brebes, Iptu Subur saat ditemui sedang melakukan penyelidikan ditempat penebangan bersama dua rekannya, menegaskan; “Yang jelas, kita menerima pengaduan, kemaren dari perwakilan paguyuban Pokdarwis Manggrove Sari,Sabtu (08/09).Kita melakukan lidik, yang mana upaya kita tadi sudah cek di tempat kejadian seperti yang diadukan, ternyata benar disana ada (penebangan)”. Tegasnya,  (Dedi. A/KN3)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar