Kelompok Petani Dirikan Pabrik Pengolahan Pasta Bawang Merah

Brebes,Kualitasnews.com- Sekelompok petani di desa Sidamulya kecamatan Wanasari kabupaten Brebes membuat inovasi mengolah bawang merah menjadi bumbu pasta,inovasi ini sebagai terobosan dalam mensiasati naik turunnya atau fluktuasi harga bawang merah yang tidak menentu,selasa (16/10). 

Nampak aktifitas petani di pabrik pengolahan bawang merah,mereka sedang mengolah bawang merah menjadi bumbu berbentuk pasta milik kelompok petani bawang merah Sido Makmur desa Sidamulya kecamatan wanasari,karena harga jual hasil panen kerap anjlok dan tidak menutup ongkos produksi akhirnya anggota kelompok tani berinovasi.

Kelompok tani dengan jumlah empat puluh orang merupakan klaster binaan bank indonesia kemudian berkeinginan mengolah hasil panen agar memiliki nilai jual,tak hanya itu diharapkan nantinya hasil panen dapat terserap dan harga jual panen para petani tak lagi terpuruk.

Pabrik yang satu ini dalam sehari mampu mengolah delapan kwintal hingga satu ton bawang merah untuk dijadikan bumbu berbentuk pasta,prosesnya melalui beberapa tahapan,yakni diawali dari bawang merah yang sudah dibersihkan dimasukan ke mesin untuk melalui proses pelayuan.

Setelah pelayuan berlangsung kemudian dimasukan ke mesin penggilingan,bawang merah yang sudah hancur dimasukan ke mesin pemasakan,dalam proses pemasakan juga dilakukan pencampuran bahan bahan lainnya.

Saat ini pabrik bawang merah belum memproduksi dalam jumlah besar,untuk sementara produksi hanya dilakukan untuk sampel promosi kepada masyarakat dan ke industri yang juga membutuhkan tambahan bumbu bawang merah.

Direktur Pabrik pasta bawang merah Dienda Lora Buana mengatakan Pabrik belum bisa peroprasi secara normal dengan jumlah produksi sesuai kapasitas mesin karena masih menunggu proses perizinan dari instansi terkait,untuk beroprasi normal pabrik ini diperlukan tujuh orang operator untuk mengoprasikan masing masing mesin pengolahan,ujarnya.

Sebelum memiliki pabrik ini saat harga panen bawang merah sedang anjlok para petani Kelompok Sido Makmur mengolah hasil panennya menjadi bawang goreng,namun olahan bawang goreng dirasa kurang maksimal karena selain kegunaan bawang goreng hanya untuk taburan nasi dan masakan produsen bawang goreng sudah banyak bahkan tidak hanya dikabupaten Brebes. (Bedjo/KN3/YH)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar