Kodim 0713/Brebes Gelar Latihan Bela Diri Militer (BDM) Penunjang Pra TMMD Ke 100 Tahun 2017

Bagikan

DSC_8134

Guna meningkatkan ketangkasan bagi prajurit, Kodim 0713/Brebes menggelar latihan Bela Diri Militer (BDM) Yong Moodo di lapangan Makodim 0713/Brebes. Jumat, (15/09/2017).

Belajar dan berlatih Bela Diri Militer (BDM) merupakan keharusan bagi setiap prajurit salah satu adalah Bela Diri Militer, yang telah diprogramkan dari Angkatan Darat berupa beladiri Yong Moodo karena jenis Bela Diri tersebut dianggap yang paling sesuai diterapkan bagi para prajurit guna menghadapi ancaman berbagai jenis serangan lawan.

Sebelum melaksanakan latihan diharuskan seluruh anggota melaksanakan senam pemanasan sesuai panduan pelatih, hal ini penting untuk meregangkan otot dan menghindari cidera fatal pada saat melaksanakan latihan. Selesai melaksanakan pemanasan pelatih memberikan teori terlebih dahulu dimulai dari pengenalan tentang tehnik dasar Yong Moodo diantaranya meliputi latihan Kibon sogi (teknik dasar), Jamok (teknik pukulan), Balchagi (teknik tendangan), Nakbob (teknik jatuhan), Sonkisul (teknik kuncian) serta Momkisul (teknik bantingan).

 Pasiops Kodim 0713/Brebes Kapten Inf Wajirin menjelaskan, Beladiri ini juga, mengandalkan fisik yang prima dengan mengedepankan kemampuan pesertanya, sehingga Yong Moodo merupakan wujud disiplin beladiri untuk penguasaan kemampuan bertempur jarak dekat.

Selain itu, Prajurit Kodim 0713/Brebes dengan fisik yang prima akan menunjang tugas sehari hari. Dalam hal ini, kegiatan pra TMMD ke 100 Tahun 2017, Pungkasnya. (KN)