KPU Brebes Masih Kekurangan Kotak Suara

Bagikan

Brebes,Kualitasnews.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Brebes jawa tengah kekurangan sebanyak 501 kotak suara untuk pelaksanaan coblosan pada pemilu yang akan digelar serentak 17 april 2019 mendatang,selain karena rusak kekurangan kotak suara akibat bertambahnya jumlah tempat pemungutan suara (TPS).

Kurangnya kotak suara di KPU kabupaten Brebes disebabkan oleh bertambahnya DPT setelah adanya DPTHP tahap kedua,sebelumnya pada DPTHP tahap kesatu jumlah TPS untuk pemilu 2019 terdapat sebanyak 6.097 TPS, sabtu (09/03).

Ketua KPU kabupaten Brebes Muamar Riza Pahlevi mengatakan “Dari tiga puluh satu ribu lebih kotak yang kita butuhkan kemarin ada beberapa yang rusak,sobek,ada yg berlobang,ada yang kurang juga sudah kita laporkan,jumlah yang rusak ada ada 45 buah karena mungkin proses dari pengiriman perusahaan sampai kesini setelah dirakit banyak yang keblared ternyata ada yang rusak,kemudian sobek,ujar Riza.

Riza menambahkan, untuk kekurangan sendiri total dengan rusak mencapai 501,itu karena memang kita pada saat pengecekan ulang DPT dan ditetapkannya DPTHP tahap kedua,dan penambahan TPS yang cukup banyak menjadi 6.180 TPS,dengan bertambahnya jumlah TPS tersebut bertambahnya juga kebutuhan logistik kotak suara,tutup Riza.

Setelah dilakukan dilakukan pengecekan ulang DPT dan ditetapkannya DPTHP tahap dua jumlah TPS bertambah menjadi 6.180 TPS,artinya dengan bertambah jumlah TPS tersebut bertambah juga kebutuhan logistik kotak suara.

Sementara itu jumlah logistik kotak suara yang telah diterima KPU Brebes dari KPU RI masih mengacu pada TPS berdasarkan DPTHP tahap kesatu,sehingga masih kekurangan logistik,selain akibat bertambahnya jumlah TPS,kekurangan kotak suara juga akibat adanya kotak suara yang rusak.

Meski tidak menyampaikan batas waktu,pihak KPU optimis kekurangan kotak suara untuk pemilu mendatang akan segera terpenuhi,pihaknya juga sudah melaporkan persoalan kekurangan logistik ini ke KPU RI dan langsung mendapatkan respon untuk penambahan kekurangan tersebut. (BJ/KN2/YL/red).