Di Pekalongan, Ribuan Warga Meriahkan Syawalan Dengan Berbagai Kegiatan.

Pekalongan,Kualitasnews.com- Kegiatan syawalan tahun 2019 ini di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, dimeriahkan dengan berbagai macam kegiatan mulai dari pentas musik, megono gunungan serta berbagai macam hiburan lainnya maupun kegiatan sosial donor darah yang bekerjasama dengan PMI Pekalongan.

Cara unik memeriahkan lebaran dilakukan para pemuda dari Paguyuban Ambokembang gang 9, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, dengan membuat Getuk Lindri sepanjang 350 meter tanpa putus yang diletakan di tengah jalan kampung serta seribu gelas es teh gratis. Selasa (11/6/2019).

Kegiatan yang sudah memasuki tahun ke-8 ini, mendapatkan serbuan dari ribuan warga dari berbagai daerah yang terlihat berbondong-bondong memeriahkan acara sekaligus menikmati jajanan tradisional masyarakat tersebut.

Dikatakan Ketua Panitia, Zainal Mutakin (58), bahwa getuk lindri sepanjang 350 meter tersebut menghabiskan bahan berupa singkong 1,5 ton dan gula jawa 80 kilogram.

“Pembuatan getuk ini kita lakukan dengan bergotong-royong dan dalam waktu satu hari saja. Dari tahun ke tahun kegiatan ini sangat dinantikan pengunjung dari berbagai daerah di Kabupaten Pekalongan dan sekitarnya,” ujarnya.

Hal senada dibenarkan Danramil 06/Kedungwuni Kodim 0710 Pekalongan, Kapten Czi. Agus Setyabudi, bahwa kegiatan lokal yang menjadi ciri khas masyarakat di wilayah binaannya tersebut dari tahun ke tahun semakin ramai. (BJ/KN2/Rusg Pendim Pklgn/Aan).