Pemkot Tegal Gandeng BEKRAF Untuk Mendapatkan HAKI

Tegal,Kualitasnews.com- Pemerintah kota tegal jawa tengah melalui Dinas Perindustrian berencana melakukan kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk mendorong pelaku usaha mengurus Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI),hal ini disampaikan dalam kegiatan acara seminar perlindungan Hak Kekayaan Intelektual untuk produk ekonomi kreatif pada jumat siang (21/09).

Potensi produksi dari pelaku usaha kecil menengah maupun industri rumahan yang dihasilkan oleh masyarakat diwilayah kota tegal cukup tinggi ,sayangnya sampai saat ini macam macam produk tersebut belum memiliki perlindungan hukum berupa sertifikat hak atas kekayaan intelektual (HAKI).

Heru Setyawan Kepala Dinas Perindustrian Kota tegal mengatakan Untuk itu kini pemerintah kota melalui dinas perindustrian berusaha mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk menjalin kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf),diharapkan dengan terjalinnya kerjasama tersebut nantinya bisa memfasilitasi pelaku usaha untuk memiliki hak paten sendiri,ujar dia.

Direktur fasilitasi HAKI Robinson Sinaga mengatakan pada tahun ini pihaknya akan memfasilitasi sebanyak 2.500 pelaku usaha dari 20 kota untuk mengurus sertifikat HAKI,fasilitas yang akan diberikan yakni memberikan pembiayaan dan kepengurusan di kantor kementerian terkait,katanya.

Sementara Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri mengatakan melihat masih banyaknya pelaku usaha yang belum mendaftarkan prodaknya terhadap HAKI,wakil ketua komisi X DPR RI mendorong pemerintah kota tegal agar segera bisa memfasilitasi,hal ini mengingat kota tegal memiliki potensi prodak asli baik segi fashion,kuliner maupun logam,pungkasnya.

Diharapkan dengan adanya kerjasama antara pemerintah kota dengan Bekraf seluruh prodak yang dihasilkan mendapatkan HAKI sehingga dapat bersaing dengan prodak daerah lain,belum terdaftarnya prodak prodak yang ada dikarenakan masyarakat kurangnya pemahaman tentang HAKI. (Bedjo/KN2/YH)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar