Puluhan Siswa SMK Uji SIM C

Puluhan siswa SMK di wilayah Kabupaten Brebes dan Tegal mengikuti pelatihan Uji SIM C di SMK Negeri 1 Bulakamba
Puluhan siswa SMK di wilayah Kabupaten Brebes dan Tegal mengikuti pelatihan Uji SIM C di SMK Negeri 1 Bulakamba

Brebes,-Puluhan siswa SMK di wilayah Kabpaten Brebes dan Tegal mengikuti pelatihan Uji SIM C di SMK Negeri 1 Bulakamba, Kamis (13/10). Mereka yang tergabung dalam Sekolah Safety Riding Mandiri (SSRM) mendapatkan sosialisasi dan pelatihan Ujian SIM C dengan harapan, setelah diuji bisa mendapatkan SIM C bila sudah memenuhi persyaratan.

Kepala SMK Negeri 1 Bulakamba Slamet Riyadi di sela kegiatan menjelaskan, Sosilaisasi Program SIM C bagi siswa dan guru pendamping diikuti 30 Siswa Pelopor Safety Riding. Mereka berasal dari SMK Negeri 1 Bulakamba, SMK Bina Islam Mandiri (BISMA) Kersana, SMK Al Huda Bumiayu,  SMK Bhakti Praja Tegal, SMK Bina Nusa Slawi

Sekolah tersebut, lanjut Slamet, mendapat bimbingan dari Astra Motor Semarang pada program Corporate Social Responsibility (CSR) dari dunia industry terhadap  dunia pendidikan. “SMK binaan Astra Motor yang memiliki komitmen untuk  melaksanakan program safety riding utamanya kendaraan bermotor roda dua, sehingga sekolah tersebut menjadi sekolah pelopor safety riding mandiri,” ungkapnya.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pengukuhan Komunitas Sekolah Safety Riding Mandiri oleh Tim Safety Astra Motor Semarang sekitar bulan Maret 2016 lalu di sekolah masing masing. Dimana kegiatan Komunitas safety Riding Mandiri ini memberikan pelatihan teori, praktik berkendara sepeda motor beserta aturan dan tata tertib berlalulintas sampai melakukan uji praktik mendapatkan SIM C.

Dalam kegiatan sosialisasi ini sekaligus dilakukan launching  tempat pelatihan SIM C bagi  SMK Binaan Astra Honda Motor dan tempat Ujian SIM C SMK Negeri 1 Bulakamba.

Slamet menuturkan, safety riding sampai uji SIM C menjadi kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa kelas X samapi XII. Hal ini penting dilakukan untuk menerapkan keselamatan dan ketertiban berkendara juga mewujudkan program siswa yang mau bekerja harus sudah memiliki SIM C seperti permintaan dari perusahaan yang menjadi mitra SMK.

Kegiatan Sosialisasi terselenggara berkat kerjasama dengan Satlantas Polres Brebes dan Tim Safety Riding Astra Motor Semarang yang menyediakan Narasumber dan Instruktur.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kanit Regident Iptu Mulyono SH. Dia menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan sosialisasi dan launching Pelatihan SIM C. Pihak Satlantas akan menindaklanjuti dengan pembuatan SIM C bagi siswa yang sudah cukup umur dan memenuhi persyaratan yang ada. “Memang program safety riding dan Sosialisasi SIM C di SMK mempunyai keselarasan dengan  program program yang ada di Satlantas Brebes, seperti Disiplin lalu lintas Siswa dan Guru (DASI BARU) dan SIM Goes to School (SIGOKU),” tutur Mulyono.

Tim Safety Riding Astra Motor Semarang Suko Edi mengharapkan, program Soaialisasi SIM C di SMK ini dapat membantu pemerintah dalam menurunkan angka kecelakaan yang banyak didominasi oleh pengemudi. Kepedulian Astra Motor terkait pembinaan safety riding kepada kelompok masyarakat dan SMK dapat memberikan pemahaman dan kesadaran pelajar dalam berkendara. Sehingga bisa membudayakan tertib berlalu lintas dan keselamatan berkendara.

Adapun materi dalam sosialisasi Safety Riding dan Uji SIM C antara lain Standar Prasarana Lapangan dan Sarana Ujian Praktik, Uji Pengereman, Keseimbangan, Uji slalom atau Zig-zag, Uji membentuk angka delapan, Uji  reaksi rem menghindar, dan Uji berbalik arah membentuk huruf U. (Bedjo)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *