Veteran Berusia 98 Tahun Ini Serahkan Granat Tangan Jaman Jepang

Kualitasnews.com, Brebes – Rustono (98) warga Dusun Parigi Rt. 1 Rw. 2 Desa Tambak Serang Kecamatan Bantarkawung, adalah seorang pejuang Veteran 45 yang telah berjasa bagi bangsa ini pada jaman kemerdekaan dulu serta masih sehat sampai sekarang,rabu(7/11). 

Salah satu alat sisa-sisa perjuangannya dahulu masih disimpannya di rumah sebagai pengingat sejarah, namun karena kesadaran membahayakan keluarga dan lingkungannya, Rustono terpanggil menyerahkan sebuah granat tangan kepada Sertu Karno, Babinsa Tambakserang Koramil 12 Bantarkawung Kodim 0713 Brebes, saat melaksanakan silaturahmi ke rumahnya.

Sebelumnya, upaya pendekatan kepada warganya dalam membina desa, ternyata menimbulkan empati dan kesadaran pejuang tersebut. Setelah ngobrol dengan Rustono panjang lebar, akhirnya ia pun bercerita mempunyai satu buah granat tangan yang masih aktif dan disimpan sejak jaman Jepang.

Dikatakan Karno, “Mbah Rustono sebetulnya ingin menyerahkan granat yang disimpannya sejak beberapa tahun lalu, namun tidak tau mau diserahkan kepada siapa. Pas kebetulan saya bersilaturahmi akhirnya granat tangan tersebut saya terima dan segera saya laporkan kepada Danramil.” ungkap Babinsa.

Dibenarkan Danramil 12 Bantarkawung, Kapten Armed Zaenal Abidin bahwa granat tangan tersebut jika dilihat secara fisik keadaannya masih aktif sehingga sangat membahayakan pemilik rumah dan warga masyarakat sekitar.

“Saya sangat berterima kasih kepada senior saya, pejuang Rustono atas kesadarannya menyerahkan bahan peledak sisa-sisa perang jaman kemerdekaan melawan Jepang. Sekarang granat akan disimpan sementara di Kodim untuk dilaporkan ke satuan atas yaitu Korem 071 Wijayakusuma dan sesuai jalur komando berikutnya. Juga kepada Babinsa yang telah melaksanakan tugas pendampingan kepada masyarakat dengan baik, semoga mendapatkan apresiasi dari pimpinan.” ungkap Danramil saat wawancara via ponsel. (Bedjo/Aan/Dim0713).

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar