Gus Mus: HIPSI Harus Buat Perubahan Perekonomian Masyarakat

Bagikan

Gus Mus
Gus Mus

Brebes kualitasnews.com,- Himpunan Santri Indonesia (HIPSI) jangan hanya menjadi organisasi perkumpulan semata tetapi HIPSI juga harus bisa menjadi himpunan yang mampu mengakomodir para pengusaha dengan membuat perubahan perokonomian pada masyarakat. Demikian pesan Kiai kharismatik yang juga penyair kondang KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dari Rembang yang disampaikan Sodikin Rabu (25/09/2013).

“Saat rombongan HIPSI melakukan silaturrohmi ke rumah Beliau (Red-Gus Mus) , beliau berpesan  HIPSI  harus bisa menjadi organisasi yang mampu melakukan terobosan peningkatan ekonomi kerakyatan dan kebangsaan,”terangnya.

Menurut Gus Mus, lanjut Sodikin HIPSI harus mampu menarik minat pengusaha yang berlatar belakang santri untuk bergabung di dalamnya. Sehingga perekonomian yang terbangun adalah perekonomian yang bersyariat Islam. Perdagangan yang dijalankan dengan halalan toyiban bukan praktek-praktek riba. Demikian akan membawa kemaslahatan umat. Adapun bentuk yang cocok, dengan cara membangun koperasi yang produktif dan mandiri. “”Koperasi-koperasi di berbagai bidang harus dibuat agar masyarakat mandiri,” ujarnya.

Menurut Sodikin,Kunjungannya ke Gus Mus adalah dalam rangka menggalang dukungan agar launcing 1000 pengusaha santri pada awal Oktober mendatang di Brebes sukses.

Rombonan HIPSI yang berjumlah 50 orang itu juga melakukan kunjungan ke PT Djarum Kudus. Di Pabrik Rokok terbesar itu, mereka melihat secara langsung sistem produksi rokok dari pra, proses, hingga paska produksi. “Semangat berkarya di PT Djarum sangat luar biasa,” puji Sodikin.

Selain bersilaturahmi ke Gus Mus dan kunjungan ke Pabik Rokok Djarum juga melakukan ziarah kubur ke sejumlah Wali Sanga di Jawa Tengah. (johan)