Kembangkan Ekonomi Lokal, HIPSI Pacu UMKM Santri

Acara audensi Himpunan Pengusaha santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Brebes dengan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE di ruang kerja Bupati
Acara audensi Himpunan Pengusaha santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Brebes dengan Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE di ruang kerja Bupati

Brebes kualitasnews.com,- Dalam rangka mengembangkan ekonomi lokal, Himpunan Pengusaha Santri Indonesia (HIPSI) Kabupaten Brebes bertekad terus memacu pengusaha-pengusaha yang berlatar belakang santri. Demikian dikatakan Ketua HIPSI Kab Brebes H Moh Sodikin saat audiensi dengan Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE di ruang kerja Bupati, Jalan P Diponegoro 141 Brebes, Selasa (17/09/2013).

Menurut Sodikin, dengan memacu para pengusaha yang berlatar belakang santri diharapkan kedepan bisa mendongkrak peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, terutama di sektor ekonomi.

“Pengusaha dari kalangan santri mayoritas lebih eksis. Karena telah mendapatkan pembelajaran berwirausaha sejak berada di pesantren. Sejak di pondok, santri sudah diajarkan untuk hidup mandiri dan berwirausaha,” ujar Sodikin.

Untuk pengembangannya, kata Sodikin, para pengusaha santri itu bersatu dalam satu himpunan HIPSI. Sehingga bisa berkiprah dengan mantap sesuai dengan visi dan misi organisasi. Selain sebagai forum silaturahmi, juga untuk pengembangan usaha yang halalan thoyiban.

“ Di Brebes terdapat ribuan santri yang telah menjadi pengusaha. Baik berskala kecil maupun besar. Sehingga perlu adanya wadah bagi mereka, baik yang mikro, kecil, menengah maupun yang berbentuk koperasi” jelasnya.

Sementara itu Pembina HIPSI Brebes KH Solahudin Masruri (Gus Solah) mengatakan bahwa di Brebes banyak terdapat pesantren, lebih dari 120 pesantren aktif.

“Untuk jiwa kewirausahaan para santri tidak diragukan lagi. Tetapi untuk permodalan memang masih perlu Bapak Angkat. Kami harap dengan persatuan para anggota HIPSI bisa saling bergandeng tangan dan juga saling berbagi untuk eksistensi santri,” tambah Gus Sholah yang juga pengasuh Pesantren Al Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes.(johan/HB)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar