Idza: “Jadilah Sarjana Mandiri”.

Brebes,Kualitasnews.com- Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH mengajak para Wisudawan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Widya Manggalia Brebes untuk menjadi Sarjana Mandiri. Dalam artian tidak bergantung pada keinginan menjadi PNS semata, namun harus mampu mencapai jiwa wirausahawan yang handal.

Ajakan tersebut disampaikan Bupati saat sambutan Wisuda Sarjana STIE Widya Manggalia di Gedung Korpri Jalan MT Haryono Brebes, Selasa (11/6).
Bekal ilmu yang sudah diterima selama belajar di kampus bisa menjadi modal mencapai kemandirian.

Patutlah berterima kasih STIE Widya Manggalia yang telah berhasil mencetak SDM yang siap untuk diterjunkan membangun daerah, khususnya Kabupaten Brebes.

Kabupaten Brebes masih sangat membutuhkan darma bakti para agar mutu pembangunan bisa diandalkan.
Selaku Bupati, Idza berterima kasih karena Kabupaten Brebes mendapatkan tambahan tenaga muda yang tidak saja terdidik tapi terlatih yakni para sarjana lulusan STIE Widya Manggalia Kabupaten Brebes.

“Wisudawan angkatan ke-15, yang telah memperoleh ilmu akademik, yang dibekali tidak hanya teori tapi bagaimana mengkalibrasi ilmu dengan problematika di lapangan.

“Segera terapkan ilmu yang saudara peroleh selama ini untuk ikut membangun masyarakat. Ingatlah, sebaik-baik ilmu adalah ilmu yang bermanfaat bagi orang lain,” terang ilmu sembari menyitir sabda Rosulullah.
Ilmu yang telah diperoleh, lanjut Idza, semoga bermanfaat bagi masyarakat. Lebih dari itu, hendaklah jangan mudah berpuas diri, dengan gelar sarjana yang diterima. Tapi justru menjadi cambuk untuk terus belajar, meneliti, menulis dan terus berkarya menambah prestasi.

Ketua STIE Widya Manggalia Brebes, Magdalena Tuari Senduk SH MM yakin para lulusannya telah siap berkiprah di tengah-tengah masyarakat guna mengamalkan ilmu yang telah digali di kampus.

Dikatakannya, STIE Widya Manggalia telah menyiapkan kompetensi unggul lulusan sebagai sarjana manajemen, guna membangun masyarakat yang maju dan produktif.

“Kami ingin mengantarkan para lulusan dengan pendidikan tinggi yang betul-betul berkualitas,” kata Magda.
Sebelum mengikuti prosesi wisuda, para lulusan telah mengikuti yudisium yang merupakan sebuah proses akademik yang harus dilalui calon lulusan.

Sebab menurutnya, yudisium berkaitan dengan sah atau tidaknya ijazah mereka.
Magda menjelaskan, yang terpenting dari para lulusan ini mampu menerapkan keilmuan yang didapat di bangku kuliah. Kompetensi menjadi faktor yang paling dinilai, utamanya saat akan memasuki dunia kerja. Meskipun demikian, softskill dan karakter diri tetap yang paling utama.

“Kami berharap tercipta lulusan yang terampil, kerja keras, disiplin dan tekun. Termasuk kemampuan mahasiswa membangun kerjasama dengan orang lain,” tuturnya.

Dengan gelar S1 tentunya para lulusan memiliki wawasan dan pemikiran yang luas dibandingkan saat baru lulus SMA. Ia pun berharap lulusan STIE Widya Manggalia Brebes dapat mengimplentasi keilmuannya di dunia kerja dan di tengah masyarakat.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, jika para alumni STIE Widya Manggalia bisa menjadi orang-orang sukses,” pungkasya.

Magda memaparkan, STIE menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas, menghasilkan lulusan yang menguasi manajemen sebagai ilmu dan sebagai seni manajemen dan berjiwa wirausahaan.

Juga membantu memecahkan masalah yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, termasuk menjalin kerjasama dalam dan luar negeri.

Sebanyak 82 wisudawan dan wisudawati Jurusan S1 Manajemen mengikuti rapat senat terbuka ke-15 dan dikukuhkan sebagai lulusan STIE Widya Manggalia Brebes Tahun 2019.

IPK tertinggi
Keceriaan yang lebih besar dirasakan oleh Fitrotul Khoiriyah, SM yang dinobatkan menjadi Wisudawati terbaik diantara wisudawan yang lain dengan meraih IPK 3,87. Setelah acara Rapat Senat terbuka selesai, ditutup dengan foto bersama Wisudawan.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH, beberapa perwakilan dari Forkopimda, Inspektur Kabupaten Brebes Sri Teguh Pambudi, Staf Ahli Bupati Bidang Ekbang Dra Khozanah, Kepala Bagian Penanggulangan Kemiskinan Setda Brebes Dra Hj Farikhah, Ketua STIE Widya Manggalia Magdalena Tuari Senduk SH MM beserta suami, Ketua Yayasan Widya Manggalia Ruano Urbanus Senduk SE MM, Perwakilan Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Sumarno SE MSi jajaran Dosen dan pengurus yayasan STIE Widya Manggalia, serta para tamu undangan. (BJ/KN2/Kmf).