Komisi A DPRD Jawa Tengah Kunker Ke Bawaslu Brebes

Brebes,Kualitasnews.com- Komisi A DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Bawaslu Kabupaten Brebes untuk membahas terkait evaluasi pemilihan Gubernur 2018 lalu, sekaligus memastikan kesiapan dan persiapan pemilihan Legislatif dan pemilihan Presiden 2019 mendatang.

Dalam kunjungan itu Ketua Bawaslu Kabupaten Brebes, Wakro pun memaparkan terkait evaluasi hasil pengawasan pilgub hingga potensi masalah dalam menghadapi Pileg dan Pilpres 2019 mendatang.

“Untuk yang paling urgen adalah terkait dengan masalah daftar pemilih. Karena dari daftar pemilih akan memunculkan permasalahan-permasalahan lain, seperti halnya daftar pemilih ganda,” Kata Wakro.

Sekretaris Komisi A DPRD Jateng, Ali Mansur Hadi juga menuturkan bahwa masalah daftar pemilih ganda bisa menimbulkan adanya konflik sebagaimana pengalamannya di beberapa daerah saat Pilgub 2018.

“Jangan sampai daftar pemilih ganda tersebut menghambat pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang. Karena kalo tingkat validitasnya rendah, nanti yang dirugikan adalah masyarakat dan itu bisa menimbulkan konflik,” kata Ali.

Kemudian, Ali menegaskan bahwa Komisi A DPRD Jateng akan mendorong melalui instansi terkait, khususnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, KPU dan Bawaslu Provinsi Jawa Tengah. Selain itu dirinya juga menghimbau kepada Bawaslu Kabupaten Brebes untuk lebih mencermati data pemilih.

“Dengan mereka duduk bersama nantinya bisa saling menemukan, sekaligus membersihkan data sehingga benar-benar data pemilih itu valid,” Kata Ali.

Saat ditanya soal penegakan aturan terkait pelanggaran pemilu, Ali justru berharap ada sosialisasi yang lebih intensif oleh KPU kepada para Caleg terkait aturan-aturan yang telah dibuat. Hal itu karena masih banyak Caleg yang belum memahami aturan-aturan tersebut. (Dedi.A/KN3)

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar