Delapan Desa di Brebes Jadi Sasaran Sampling Verifikasi ODF Jateng

Bagikan

Brebes, Kualitasnews.com- Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan , dimana kondisi individu tidak buang air besar sembarangan dalam satu komunitas.

Buang Air Besar (BAB) yang tidak menuhi syarat berpengaruh pada penyebaran penyakit.

Pemerintah Kabupaten Brebes yang mengklaim telah bebas buang air besar sembarangan menjadi target tim veririfikasi ODF provinsi Jawa Tengah.

Tim verifikasi Pamsimas Provinsi Jateng Edi Subagiyo SK MM Mkes mengatakan
“Ada 8 Desa yang menjadi sasaran sampling verifikasi, salah satunya adalah Desa Sitanggal Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes.

Dari 8 desa yang menjadi sampling adalah desa desa yang dekat dengan aliran sungai atau hutan” Kata Subagiyo pada Kamis, (18/11) kemarin.

Salah satu indikasi verifikasinya adalah desa yang memiliki atau menumpang BAB paling banyak.

Untuk desa sitanggal kami terjunkan empat orang turun kelapangan lansung dengan kunjungan kerumah rumah warga untuk memastikan.

Sementara untuk kabupaten brebes sendiri yang mengklaim semuanya sudah terverifikasi, maka kami dari tim profinsi turun langsung untuk memastikan, lanjutnya.

Kepala Puskesmas Sitanggal, Marwoto mengatakan “indikator dari bebas buang air adalah bukan pada jumlah kepemilikan tapi pada aksesnya, meski beberapa warga masih ada yang belum punya tempat BAB, namun mereka bisa menumpang ke tetangga atau saudara.

Secara fisik masyarakat 75 persen sudah memiliki tempat BAB sehat, namun sisanya sudah tidak BAB sembarangan, kata Marwoto.

Sementara Kades Sitanggal Untung Andi Purwanto Menyampaikan, “Alhamdulilah untuk sasaran verifikasi kami sudah siap, bahkan masyarakat desa sitanggal mungkin sudah tidak ada yang buang air sembarangan.

Selain kami bersama petugas kesehatan selalu memberikan himbauan dan sosialisasi tentang hidup sehat, melalui pembangunan dana desa juga kami prioritaskan untuk program jambanisasi,

Mamang untuk keseluruhan belum terpenuhi, namun dengan setiap tahunya anggaran kami alokasikan untuk jambanisasi, kami oftimis dalam verifikasi ini dimungkinkan Sitanggal bisa lolos ” ujar Kades.

8 Desa Di Kabupaten Brebes yang dijadikan sampling oleh tim verifikasi ODF diantaranya :

~ Desa Sitanggal
~ Desa Cikandang
~ Desa Songgom
~ Desa Padasugih
~ Desa Babakan Losari
~ Desa Klampok
~ Desa Kemurang Wetan dan Desa Jatibarang kidul.

(Bedjo).