Tabur Puja Sejahterakan Umat di Brebes

Koperasi Serba Usaha "Windu Kencana" penyedia Kredit Pundi Sejahtera ( Tabur Puja )
Koperasi Serba Usaha “Windu Kencana” penyedia Kredit Pundi Sejahtera ( Tabur Puja )

BREBES kualitasnews.com,- Tabungan Kredit Pundi Sejahtera ( tabur puja ) di inisiasi dari koperasi serba usaha ( KSU ) Windu Kencana yang beralamat di jalan veteran no. 10 Brebes, ini merupakan skim pembiayaan alternatif yang di kembangkan melalui koperasi. Support dana dari dana pinjaman dari YDSM ( Yayasan Dana Sejahtera Mandiri) .

 

Prof. DR. Haryono Suyono selakau ketua YDSM mengatakan, Tujuan tabur puja membina dan mengembangkan sistem pembiayaan bagi pengusaha mikro melalui pendekatan posdaya (pos pemberdayaan keluarga), memperkuat kelembagaan posdaya dalam upaya pembinaan serta pengembangan basis kelompok usaha mikro dengan pola tanggung renteng. 

 

“Yang menarik di tabur puja ini adalah fokus di kelompok yang memiliki usaha mikro, pola tanggung renteng, platfond maksimal 2 juta per anggota, tanpa jaminan tapi layak saat di survai, jasa yang di tawarkan juga relatif rendah maksimal 18% per tahun. Dana ini ini harus kembali selama 1 tahun dan pihak pengelola tabur puja harus mempertanggungjawabkan kepada YDSM yang beralamat di Jakarta” jelas Haryono (12/5)

 

Prioritas wilayah tabur puja berada di 3 Kecamatan yaitu Brebes, Wanasari dan Jatibarang, di luar 3 kecamatan ini belum ada dukungan platfond.  Sampai dengan hari ini yang sudah di gulirkan 12 posdaya dari 3 kecamatan dari target 15 posdaya dengan nilai 1,3 milyar padahal dana yang ada sebanyak 3 milyar. 

 

Di Indonesia ada 39 Kabupaten  skim tabur puja antara lain Brebes, Purbalingga dan Cilacap. sedangkan sisanya tersebar di Kabupaten kota lainnya baik di jawa-DIY maupun di luar jawa. Untuk Brebes baru dimulai skim tabur puja ini pada 10 februari 2014. 

 

Prosedur untuk mendapatkan skim tabur puja antara lain : memiliki usaha, menjadi annggota posdaya, memiliki usaha di domisili posdaya, telah berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah, bersedia menjadi anggota koperasi dan membayar simpanan wajib, simpanan pokok yang disesuaikan dengan koperasi windu kencana. 

 

Manajer tabur puja KSU Windu Kencana Lukmanana Dwi Putra, SE menuturkan ” selaku pengelola skim  ini akan melaksanakan sesuai prosedur yang sudah di tetapkan, melalui pengecekan langsung ke peminjam di mana domisili posdaya yang di intervensi”. Ujarnya.

 

Hal senada disampaikan oleh Pengurus KSU Windu Kencana yang disampaikan oleh Qomar, SE ” skim tabur puja ini untuk kesejahteraan umat, melalui skim yang digulirkan bisa memberdayakan masyarakat yang menerima paket ini, dan mendukung pembangunan daerah.”

 

Ir. Karel  Palallo, MM selaku konsultan YDSM menuturkan ” sampai saat ini data yang disalurkan se-jawa tengah 1.562 terdiri dari laki-laki 222 dan perempuan 1.340 dan kelompoknya terbagi menjadi 4 meliputi perdagangan kecil, kerajinan kecil, pertanian perikanan, dan usaha baru, yang tersebar di 39 posdaya ” ujar karel. ( KN/bu )

 

Bagikan segera
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Beri Komentar